Apa Penyebab Susah Buang Air Kecil? Cek Di Sini

Vania Al kautsar07 Jul 2022, 14:28 WIB
Diperbarui 07 Jul 2022, 14:28 WIB
Buang Air Kecil - Vania

Fimela.com, Jakarta Saat kamu memiliki masalah dengan kesulitan buang air kecil, maka kamu perlu melakukan pemeriksaan kedokter untuk mengetahui penyebabnya. Kesulitan buang air kecil ternyata dapata terjadi oleh setiap orang, baik perempuan maupun laki-laki.

Masalah satu ini ternyata dapat menyebabkan retensi urin dan dapat terjadi ketika kita mengalami kesulitan buang air kecil. Keraguan atau kesulitan untuk buang air kecil sendiri ternyata dapat terjadi karena beberapa kondisi medis.

Meskipun terkadang kita meganggap masalah satu ini sepele, justru kesulitan buang air kecil dapat menunjukkan masalah yang serius. Berikut beberapa penyebab kesulitan buang air kecil yang perlu kamu tahu:

1. Gangguan Sistem Saraf dan Kerusakan Saraf

Buang Air Kecil - Vania
Ilustrasi Buang Air Kecil/https://www.shutterstock.com/aslysun

Saraf yang rusak atau sakit ternyata dapat menganggu dan membuat seseorang kesulitan untuk buang air kecil. Saraf yang rusak dapat disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini:

  • Kecelakaan.
  • Benturan.
  • Diabetes.

2. Infeksi

BAB - Vania
Ilustrasi BAB/https://www.shutterstock.com/Pixel-Shot

Prostatitis sering terjadi pada laki-laki, hal ini merupakan sebuah peradangan kelenjar prostat yang disebabkan oleh infeksi. Selain itu ketika prostat membengkak maka akan memberi tekanan pada uretra dan menyebabkan seseorang kesulitan untuk buang air kecil. Infeksi saluran kemih (ISK) dan Infeksi Menular Seksual (IMS) ternyata dapat menyebabkan masalah aliran urin pada perempuan dan laki-laki.

3. Obat-Obatan

minum obat
ilustrasi perempuan sakit/ KlingSup/Shutterstock

Beberapa oabt-obatan tertentu tentu dapat memberikan efek samping atau mungkin menyebabkan masalah dengan buang air kecil. Seperti beberapa obat flu, dekongestan hidung, dan beberapa obat anti alergi lainnya yang dapat mempengaruhi buang air kecil.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Kecil

infeksi saluran kencing
Ilustrasi infeksi saluran kencing/https://www.shutterstock.com/Emily frost

Saat kamu mengalami kesulitan untuk buang air kecil, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan seperti di bawah ini:

  • Lakukan pijatan yang lembut pada kandung kemih.
  • Kompres perut menggunakan air yang hangat.
  • Minum air putih yang cukup dan jangan lakukan kebiasaan sering menahan pipis.

Saat kamu mengabaikan masalah kesulitan buang air kecil, maka akan mengalami beberapa gejala yang sangat memburuk. Buang air kecil mungkin dapat membuat seseorang tidak nyaman, kondisi ini terkadang juga sangat menyakitkan dan serius. Saat kamu merasakan beberapa gejala lainnya berkaitan dengan kesulitan buang air kecil, ada baiknya untuk periksa ke dokter.

 

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela