Sukses

Health

Benarkah Rambut Mudah Rontok Setelah Melahirkan? Cek Faktanya

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan dan melahirkan merupakan momen yang tak akan pernah Mom lupakan seumur hidup. Momen ini merupakan momen yang sangat mengesankan dan membahagiakan. Meski begitu, tidak jarang momen ini juga bikin sedih, panik dan khawatir karena banyaknya perubahan tubuh yang terjadi. Ada berbagai masalah yang akan dihadapi Mom setelah melahirkan, salah satunya adalah masalah rambut rontok. 

Melansir dari laman parents.com, rambut rontok merupakan hal yang umum terjadi pada setiap ibu setelah melahirkan. Rambut yang rontok setelah melahirkan bisa terjadi setiap hari dalam jumlah yang tidak sedikit. Lantas kenapa hal ini bisa terjadi? Apakah ini bisa berbahaya buat kesehatan Mom selanjutnya? 

Penyebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Ahli Dermatologi, Jennifer T. Haley, MD, FAAD melansir dari WebMD mengungkapkan jika penyebab rambut rontok parah secara tiba-tiba adalah pengeluaran telogen, alopesia areata, masalah medis lain, pengaruh obat-obatan tertentu, dan masalah nutrisi. Pada ibu hamil dan melahirkan, rambut rontok umumnya disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh. 

Perubahan hormon sebelum hamil ke hamil, dan saat hamil hingga setelah melahirkan yang signifikan serta cepat, hal ini membuat rambut mudah rontok. Tak hanya itu saja, ada beberapa hal lain terkait tubuh yang juga berubah setelah melahirkan seperti perubahan panggul, perubahan bentuk payudara dan perubahan kesehatan kulit. 

Rambut rontok setelah melahirkan juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lain seperti kurang terjaganya kebersihan rambut dan kulit kepala, stres dan kelelahan, kualitas tidur yang buruk dan kekurangan protein. Peneliti menemukan jika kebersihan kulit kepala memberi pengaruh besar terhadap kesehatan dan kekuatan rambut.

Bagaimana Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan mencegah rambut rontok setelah melahirkan. Cara tersebut antara lain sebagai berikut: 

  1. Hindari mengikat rambut hingga kencang.
  2. Jika rambut Mom panjang dan mengalami kerontokan parah, usahakan untuk memotong rambut tersebut. Pasalnya, rambut yang lebih pendek akan lebih mudah dirawat dan terhindar dari masalah rambut rontok yang parah. 
  3. Konsumsi suplemen yang bisa mencegah rambut rontok. 
  4. Hindari stres dan usahakan untuk memiliki kualitas tidur terbaik. 
  5. Beri rambut vitamin rambut yang bisa mencegah rambut rontok dan membuatnya lebih kuat. 
  6. Konsumsi makanan bernutrisi tinggi yang bisa menguatkan rambut dan menyehatkan kulit. 
  7. Pastikan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut. 

Itulah sekilas mengenai rambut rontok, penyebab dan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok setelah melahirkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading