Sukses

Health

Apa saja Penyakit yang Dapat Disembuhkan Jeruk Nipis? Cek Selengkapnya

Fimela.com, Jakarta Jeruk nipis adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sudah dari zaman dahulu, jeruk nipis selalu dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit. Bahkan sampai sekarang masih ada banyak orang yang mengonsumsi jeruk nipis untuk pengobatan.

Jeruk nipis memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan dari vitamin C. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung kalium, vitamin A, vitamin B, vitamin D, kalsium, dan magnesium. Senyawa antiinflamasi yang terkandung dalam jeruk nipis ini, akan mempercepat penyembuhan atau peradangan di dalam tubuh.

Tak heran jika jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jeruk nipis dipercaya mampu menurunkan kadar asam urat dan kolesterol dalam tubuh. Selain itu jeruk nipis bisa menyembuhkan beragam penyakit. Cek artikel berikut ini, apa saja penyakit yang dapat disembuhkan jeruk nipis, selain asam urat dan kolesterol:

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dengan Jeruk Nipis

1. Ambeien

Penyakit pertama yang bisa disembuhkan dengan jeruk nipis adalah ambeien. Penyakit ini ditandai dengan munculnya benjolan di area anus yang disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah vena. Kondisi ini bisa menyebabkan penderitanya kesakitan saat buang air besar. Ambeien dapat disembuhkan dengan jeruk nipis, caranya adalah merebus 10 gr akar pohon jeruk nipis dengan air 1 liter selama 1/2 jam. Kemudian minum air rebusan yang sudah disaring selagi hangat, dan minum dalam 3 kali sehari.

2. Amandel

Amandel adalah salah satu penyakit yang bisa menyerang tenggorokan. Biasanya penyakit ini dialami oleh anak-anak, sehingga anak-anak menjadi tidak nafsu makan. Gejala penyakit amandel ini berlangsung kurang lebih selama 3 hingga 4 hari saja, yang ditandai dengan rasa mual, sakit kepala, demam tinggi, sakit untuk menelan, dan mengeluarkan air liur terus menerus. Amandel dapat disembuhkan dengan 3 kulit jeruk nipis yang sudah dicuci bersih, lalu lalu direbus dengan 2 gelas air. Kemudian biarkan air rebusan tersisa 3/4. Lalu saring air rebusan dan gunakan untuk berkumur-kumur sebanyak 3-4 kali sehari.

3. Batuk

Jeruk nipis sangat terkenal bisa membantu meredakan batuk. Cara menyembuhkan penyakit batuk dengan jeruk nipis sangat mudahh, yaitu dengan mencampur air perasan jeruk nipis dengan 1 sendok makan madu dan garam. Minuman tradisional ini dapat diminum sebanyak 2 sampai 3 kali sehari sampai batuk sembuh.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dengan Jeruk Nipis yang Selanjutnya

4. Demam

Penyakit yang bisa disembuhkan dengan jeruk nipis yang selanjutnya adalah demam. Cara menyembuhkannya sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan 3 siung bawang merah yang telah dihaluskan. Lalu campurkan dengan 1 sendok makan minyak kelapa, setelah itu oleskan pada kening. Selain itu, Sahabat Fimela juga bisa menggunakan cara lain yaitu jeruk nipis dipanggang sebentar, dipotong, lalu diperas dan campurkan dengan 1 sendok makan madu. Lalu minum sampai sembuh.

5. Sakit Gigi

Sakit gigi juga dapat disembuhkan dengan jeruk nipis. Caranya dengan mencampurkan air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan warak masing-masing 1 sendok makan. Kemudian tambahkan 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, lalu aduk sampai rata. Kemudian gunakan jamu tersebut untuk berkumur selama beberapa menit setelah disaring. Ulangi cara ini sebanyak 4-6 kali sehari. Jangan lupa untuk rajin menggosok gigi juga.

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dengan Jeruk Nipis yang Terakhir

6. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan sangat penting dilakukan untuk mencegah obesitas. Karena obesitas sangat berbahaya untuk tubuh dan menyebabkan penyakit yang serius. Berat badan dapat diturunkan dengan jeruk nipis, yaitu dengan menambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis ke dalam cangkir air teh hijau. Minum  setiap pagi dan sore hari pada saat perut kosong.

7. Jerawat

Terkakhir, jeruk nipis bisa membantu menghilangkan jerawat dan menyembuhkan peradangan di kulit. Air perasan jeruk nipis bisa dijadikan sebagai masker wajah alami. Kandungan jeruk nipis ini akan mempercepat proses penyembuhan jerawat dan bisa membuat wajah tampak lebih cerah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading