Sukses

Health

5 Aktivitas Sehari-hari yang Bikin Gemuk Namun Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Kegemukan merupakan hal yang paling ditakutkkan oleh hampir semua orang terutama  perempuan. Meski sangat ditakutkan, nyatanya tidak sedikit perempuan yang berusaha diet tapi justru mengalami kegemukan. Mengenai kegemukan, pada dasarnya hal ini tidak selalu disebabkan oleh banyaknya makanan yang kita konsumsi. Tapi lebih kepada pola hidup dan kebiasaan sehari-hari yang tidak diimbangi dengan aktivitas fisik cukup. 

Mengutip dari laman healthline.com, ada beberapa aktivitas sehari-hari yang menyebabkan risiko kegemukan. Sayangnya, aktivitas ini sangat sering kita lakukan namun jarang kita sadari. Apa saja aktivitas tersebut? Simak yang berikut ini.

Makan Terlalu Cepat

Aktivitas sehari-hari yang pertama adalah makan terlalu cepat. Kebiasaan makan yang terlalu cepat atau terburu-buru bisa membuat tubuh semakin gemuk. Ini karena makan cepat membuat kita sulit kenyang. Alhasil, kita akan makan makanan dengan porsi yang lebih banyak sementara tubuh kesulitan membakar kalori yang ada dan menumpuknya jadi lemak.

Kurang Minum Air Putih

Para ahli menyarankan agar kita mengonsumsi air putih setidaknya sebanyak 8 gelas perhari. Kurang minum tak hanya menyebabkan dehidrasi tapi juga menyebabkan kegemukan. Saat tubuh kurang minum, ini bisa membuat tubuh kesulitan membedakan mana rasa haus dan mana rasa lapar. Ini mendorong kita untuk makan lebih banyak karena saat kita merasa haus tubuh justru mengartikannya sebagai rasa lapar. 

Terlalu Lama Duduk

Kebiasaan duduk dalam waktu yang lama juga meningkatka risiko kegemukan. Duduk terlalu lama akan membuat tubuh kurang beraktivitas. Ini juga membuat gerak tubuh bekurang sehingga meningkatkan risiko menumpuknya lemak di tubuh. Jika memang kamu bekerja dengan lebih banyak duduk di depan komputer atau laptop, pastikan untuk menyempatkan olahraga sebelum dan sesudah bekerja.

Stres

Stres juga bisa memicu kegemukan. Saat stres seseorang cenderung lebih memilih makanan yang manis, berlemak dan mengandung banyak kalori. Inilah yang akhirnya meningkatkan risiko kegemukan.

Kurang Tidur

Para ahli juga menyebutkan jika kurang tidur atau kebiasaan begadang di malam hari memicu kenaikan berat badan. Saat seseorang kurang tidur, ia akan lebih mungkin makan di malam hari. Ia juga lebih mungkin ngemil aneka makanan yang bisa meningkatkan risiko kegemukan. 

Itulah beberapa aktivitas sehari-hari yang memicu risiko kegemukan. Gimana nih, apakah kamu salah satu orang yang sering melakukan aktivitas harian ini dan tak pernah menyadarinya? Apakah akhir-akhir ini berat badanmu terus bertambah? Cek lagi bagaimana aktivitas harianmu dan mulai terapkan aktivitas yang lebih sehat ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading