Sukses

Health

3 Tips Mengatasi Rasa Cemas dengan Cara Alami

Fimela.com, Jakarta Cemas merupakan salah satu bentuk emosi yang ditandai dengan rasa takut, gelisah, dan tidak nyaman. Umumnya, perasaan cemas ini akan hilang setelah kondisi yang memicunya berlalu. Namun, jika perasaan tersebut tak kunjung hilang dalam waktu yang lama hingga mengganggu konsentrasi dan aktivitas. Maka, perlu diatasi sesegera mungkin.

Terdapat banyak cara untuk mengatasi rasa cemas, seperti mengonsumsi obat. Tetapi juga terdapat cara mengatasi rasa cemas secara alami. Yuk, simak penjelasnnya di bawah ini.

1. Berpikir positif

Hal umum yang memicu rasa cemas adalah pikiran negatif tentang sesuatu yang akan terjadi. Seperti membayangkan hal-hal buruk saat menghadapi masalah, padahal hal tersebut belum tentu terjadi.

Bila sahabat fimela mulai merasakan hal tersebut. Mulailah dengan berpikir positif. Lawan rasa cemas tersebut dengan mencoba memikirkan motivasi.

2. Lakukan olahraga

Sudah banyak yang setuju bahwa olahraga dapat meningkatkan mood atau suasana hati, serta diyakini bahwa mampu mengurangi rasa cemas. Tentunya karena olahraga bisa menurunkan kartisol yang merupakan hormon stres.

Bukan hanya itu saja, olahraga juga bisa melepaskan endorfin yaitu hormon yang bisa meningkatkan suasana hati dan perasaan senang. Oleh karena itu, dianjurkan untuk olahraga secara rutin dan teratur. Tak harus olahraga yang berat, kamu bisa melakukan aktivitas ringan, seperti berenang, yoga, hingga jalan kaki.

3. Kerjakan hobi

Selanjutnya ada hobi, melakukan kegiatan yang disenangi juga bisa mengatasi rasa cemas. Pasalnya, saat mengerjakan hal yang menyenangkan bisa membuat tubuh melepaskan hormon oksitosin, yang merupakan pereda stres dan kecemasan alami.

Kerjakan hobi yang menyenangkan tapi tetap menyehatkan, seperti jalan-jalan, bernyanyi, mendengarkan musik, menonton film, dan lain sebagainya.

Demikianlah cara mengatasi rasa cemas tanpa menggunakan obat. Namun, jika rasa cemas tersebut masih saja terus datang dan tambah parah dari waktu ke waktu. Sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter sebelum mengganggu kondisi fisik. Apalagi rasa cemas yang berlebih bisa menjadi gangguan mental, seperti anxiety disorder atau depresi. Semoga bermanfaat!

Penulis: Nur Faizah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading