Sukses

Health

Nyeri Ovulasi, Cara Mengetahuinya dan Cara Mengobatinya

Fimela.com, Jakarta Nyeri ovulasi adalah nyeri yang dirasakan perempuan pada bagian pinggang dan perut bagian kanan, kiri, atau tengah ketika mengalami ovulasi, yaitu saat ovarium melepaskan sel telur. Rasa nyeri biasanya berpindah sisi dari siklus menstruasi satu ke siklus menstruasi berikutnya.

Lalu, bagaimana cara mengetahui rasa nyeri itu adalah nyeri ovulasi? Jika mengalami nyeri yang tak tertahankan, bagaimana cara meredakannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Mengetahui Seseorang Mengalami Nyeri Ovulasi

Tidak semua perempuan mengalami nyeri ovulasi. Tapi, jika cenderung mengalami rasa sakit selama pertengahan siklus menstruasi, yaitu sekitar 2 minggu sebelumnya, maka kemungkinan itu adalah nyeri ovulasi.

Agar lebih pasti, periksakan ke dokter. Dengan memeriksa perut dan panggul atau lakukan pemeriksaan USG pada perut dan vagina. Pemeriksaan ini untuk mengetahui apakah ada kondisi lainnya yang memicu nyeri ovulasi, seperti endometriosis.

Cara Mengobati Nyeri Ovulasi

Beberapa orang mungkin cuek dengan kondisi nyeri ini. Kebanyakan orang tidak mencari obat tertentu karena biasanya rasa nyeri hanya terjadi maksimal satu hari.

Tapi tahu kaj, kamu jika rasa nyeri tersebut dapat diredakan dengan beberapa cara di bawah ini:

1. Kompres dengan menggunakan kompresan karet untuk menghangatkan bagian perut.

2. Menggunakan kompresan pereda nyeri menstruasi.

3. Saat mandi gunakan air hangat.

Jika nyeri yang dirasakan sangat parah kamu bisa memanfaatkan kontrasepsi hormonal yang bisa mencegah ovulasi. Jangan lupa konsultasikan pada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Ditulis oleh: Aulia Oktafia Mahmudah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading