Sukses

Health

7 Penyebab Jantung Lemah yang Wajib Diwaspadai, Salah Satunya Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang harus diwaspadai. Karena penyakit ini bisa menyebabkan seseorang kehilangan nyawanya. Ada beberapa faktor penyebab terjadinya jantung lemah.

Saat seseorang mengalami jantung lemah, maka akan mengalami gejala sesak napas, nyeri dada, hingga serangan jantung. Salah satu penyebab jantung lemah adalah bawaan dari lahir. Jantung lemah bisa terjadi akibat adanya kebocoran pada katup jantung.

Seseorang yang memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit jantung, akan sangat berisiko memiliki jantung lemah. Ada baiknya segera konsultasi pada dokter jika mengalami hal ini. Berikut penyebab jantung lemah yang wajib diwaspadai:

Penyebab Jantung Lemah

1. Faktor Keturunan

Penyebab jantung lemah yang pertama adalah faktor keturunan atau riwayat keluarga yang memiliki penyakit jantung. Walaupun memiliki keluarga dengan riwayat memiliki penyakit jantung, tetapi jangan menyalahkan kondisi keluargamu. Penyakit ini tetap dapat dicegah dan disembuhkan sesuai dengan arahan dokter.

2. Jarang Bergerak

Setiap hari, seseorang harus bergerak untuk melatih dan menjaga kinerja jantung. Jika jarang bergerak atau melakukan aktivitas, maka jantung akan melemah dan gerakannya akan lambat. Sahabat Fimela bisa melakukan olahraga secara rutin, untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Memiliki Riwayat Diabetes

Jika memiliki riwayat penyakit diabetes, maka kadar gula darah akan sangat tinggi. Hal ini menyebabkan pembuluh darah tersembat oleh lemak dan mengakibatkan serangan jantung. Kadar gula yang tinggi juga membuat peradangan tidak kunjung sembuh. Hati-hati dengan penyakit ini.

Penyebab Jantung Lemah yang Selanjutnya

4. Kardiomiopati

Saat mengalami kardiomiopati, jantung akan membesar, menebal dan mengalami pembengkakan, sehingga menghambat fungsi jantung untuk memompa darah dan menyebabkan jantung lemah. Penyakit kardiomiopati ini menyerang bagian otot jantung, dan bisa melemahkan otot jantung.

5. Penyumbatan Arteri

Arteri atau pembuluh nadi bisa mengalami penyumbatan, yang disebabkan karena adanya penumpukan lemak. Arteri memiliki fungsi untuk membawa darah ke jantung. Jika arteri tersumbat lemak, maka bisa menyebabkan menyebabkan jantung lemah, kemudian berisiko terkena serangan jantung dan fungsi otot jantung mati.

Penyebab Jantung Lemah yang Terakhir

6. Kolesterol Tinggi

Sering mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, akan menyebabkan kolesterol jahat tinggi di dalam tubuh. Kolesterol yang tinggi membuat penumpukan lemak pada arteri koroner, kemudian membuat jantung lemah. Hindari makanan yang menyebabkan kolesterol tinggi, seperti jeroan.

7. Sering Merokok

Terakhir, sering merokok dapat mengakibatkan jantung lemah. Karena kandungan nikotin dan karbon monoksida bisa membuat jantung bekerja lebih cepat. Racun yang terdapat pada rokok ini juga bisa menyebabkan peradangan paru-paru.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading