Sukses

Health

7 Makanan Penyebab Tensi Rendah yang Wajib Dihindari

Fimela.com, Jakarta Saat mengalami tensi rendah, tubuh akan merasa sangat lelah, lesuh dan pusing. Tensi rendah ini harus diwaspadai. Karena bisa membuat seseorang susah berkonsentrasi, hingga kehilangan kesadaran.

Tensi rendah bisa disebut dengan hipotensi. Penyakit ini disebabkan karena tekanan darah di dalam arteri lebih rendah dari tekanan darah normal. Hipotensi akan terjadi pada saat tekanan darah di bawah 90/60 mmHg.

Tensi rendah bisa dialami segala usia, baik anak-anak maupun dewasa. Ada baiknya kondisi ini dikonsultasikan pada dokter, agar tidak berbahaya bagi kesehatan jantung. Berikut makanan penyebab tensi rendah:

Makanan Penyebab Tensi Rendah

1. Kafein

Kalau Sahabat Fimela memiliki tensi rendah, sebaiknya jangan mengonsumsi kafein. Kafein akan membuat jantung berdetak dengan cepat, hingga membuat seseorang susah untuk tidur. Hal ini akan membuatmu kelelahan dan mengalami tensi rendah.

2. Seledri

Biasanya seledri digunakan untuk membuat sop atau jus. Walaupun seledri baik untuk kesehatan, tetapi sayuran ini juga bisa menyebabkan tekanan darah rendah. Karena kandungan metanol di dalamnya berfungsi untuk menurunkan tekanan darah.

3. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang kaya akan antioksidan dan sangat menyehatkan. Namun, bayam memiliki kandungan kalium tinggi, yang dapat menurunkan tekanan darah. Sebaiknya batasi konsumsi bayam jika memiliki tensi rendah.

Makanan Penyebab Tensi Rendah yang Selanjutnya

5. Gorengan

Penyebab tensi rendah yang selanjutnya adalah gorengan. Gorengan mengandung lemak trans yang akan meningkatkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Saat kolesterol jahat menumpuk, akan terdapat plak yang menyumbat aliran darah, sehingga menyebabkan tensi rendah.

6. Makanan Pedas

Jika Sahabat Fimela menyukai makanan pedas, sebaiknya batasi mengonsumsi makanan pedas. Karena makanan pedas ini bisa mengiritasi lambung dan menyebabkan sistem imunitas tubuh menjadi rendah. Sehingga berisiko terkena tekanan darah rendah atau tensi rendah.

7. Minuman Alkohol

Alkohol adalah minuman yang sebaiknya dihindari. Minuman ini memiliki kandungan yang sangat keras dan berpotensi merusak sel darah merah. Sering mengonsumsi alkohol juga dapat merusak sistem kinerja otak.

Makanan untuk Menyembuhkan Darah Rendah

1. Oat

Oat atau gandum merupakan makanan yang baik dikonsumsi, untuk membantu mengobati tekanan darah yang rendah. Oat memiliki kandungan karbohidrat kompleks, dan juga memiliki kandungan yang kaya akan serat. Makanan ini bisa membantu menambah energi pada tubuh untuk beraktivitas seharian, agar tubuh tidak mudah pusing dan lemas.

2. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan vitamin B6, vitamin E, magnesium, asam folat, asam pantotenat, thiamine, fosfor, kalium, seng, besi, tembaga, mangan dan selenium. Kandungan ini baik untuk jantung dan mencegah tekanan darah rendah. Makanan yang satu ini bisa dijadikan camilan setiap hari.

3. Telur

Orang yang memiliki tekanan darah rendah, bisa disebabkan karena kekurangan vitamin B12. Sehingga makanan yang baik untuk mengobati darah rendah adalah telur. Karena telur memiliki kandungan yang kaya akan vitamin B12.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading