7 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih dengan Alami

Kezia Prasetya Christvidya01 Okt 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 01 Okt 2022, 09:00 WIB
isk

Fimela.com, Jakarta Infeksi saluran kemih atau yang disebut ISK adalah penyakit yang menyerang bagian kemih. Infeksi ini lebih banyak dialami oleh perempuan daripada laki-laki, karena ureta pada perempuan lebih pendek daripada laki-laki. Risiko ISK ini dapat terjadi di kandung kemih (sistitis), uretra (uretritis), dan di ginjal (infeksi ginjal).

Saat mengalami infeksi saluran kemih, gejala yang dirasakan adalah terasa panas dan sakit ketika buang air kecil. Gejala lainnya adalah warna urine menjadi merah atau merah muda, pinggul terasa sakit, dan sering buang air kecil. Penyakit ini disebabkan karena sering berganti pasangan saat berhubungan, tidak menjaga kebersihan organ kewanitaan, jarang minum air putih, infeksi virus atau bakteri, dan lain sebagainya.

Penyakit infeksi saluran kemih harus segera disembuhkan, agar tidak terjadi komplikasi. Karena penyakit ini bisa menjadi penyebab kerusakan ginjal permanen dan penyempitan uretra. Untuk itu, berikut cara mengobati infeksi saluran kemih dengan alami:

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih

isk
ilustrasi Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih/GBALLGIGGSPHOTO/shutterstock

1. Minum Air Putih

Cara mengobat infeksi saluran kemih yang pertama adalah dengan minum air putih. Air putih memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk mengobati dan mencegah ISK, sebaiknya konsumsi air putih sebanyak 2 liter sehari.

2. Konsumsi Vitamin C

Karena infeksi saluran kemih disebabkan oleh virus dan bakteri, sebaiknya konsumsi vitamin C secara rutin. Vitamin C memiliki manfaat yang bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Jika sistem imunitas tubuh kuat, maka bakteri dan virus akan mati terserang oleh antibodi.

3. Kondumsi Probiotik

Sahabat Fimela juga bisa memperbanyak konsumsi probiotik untuk mengobat infeksi saluran kemih. Makanan yang mengandung probiotik adalah yogurt, kefir, kombucha dan kimchi. Di dalam probiotik terdapat bakteri baik, yaitu Lactobacillus yang membantu mempercepat penyembuhan infeksi.

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih yang Selanjutnya

isk
ilustrasi Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih/ Emily frost/ shutterstock

4. Konsumsi Teh Hijau

Teh hijau adalah minuman kesehatan yang diperkaya dengan antioksidan. Minuman teh hijau ini dapat dikonsumsi pada pagi hari, saat perut masih kosong. Teh hijau akan membantu membersihkan racun di dalam tubuh dan mengobati infeksi saluran kemih.

5. Kompres Panas

Untuk mengurangi nyeri pada saluran kemih, gunakan kompres panas yang diletakkan di perut bawah setelah pusar. Kompres panas dapat dilakukan kurang lebih 15 menit saja. Kompres ini akan membuatmu lebih nyaman dan tidak terasa sakit.

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih yang Terakhir

isk
ilustrasi Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih/GBALLGIGGSPHOTO/shutterstock

6. Rajin Membersihkan Organ Kewanitaan

Organ kewanitaan adalah organ yang sangat sensitif. Ada baiknya untuk rutin membersihkan organ kewanitaan setelah buang air kecil atau buang air besar. Sahabat Fimela bisa membersihkan menggunakan sabun khusus untuk area kewanitaan, yang gunanya untuk membunuh virus dan bakteri penyebab ISK. Bersihkan organ kewanitaan dari depan ke belakang.

7. Jangan Gunakan Pakaian Ketat

Cara yang terakhir adalah tidak menggunakan pakaian ketat. Pakaian yang ketat bisa menyebabkan sirkulasi udara tidak lancar. Sehingga area organ kewanitaan akan menjadi lembap dan berisiko terkena virus atau bakteri penyebab ISK.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela