Sukses

Health

Kenali Beberapa Penyebab Vitiligo serta Gejalanya

Fimela.com, Jakarta Vitiligo adalah suatu penyakit yang membuat warna kulit dari penderitanya memudar. Manusia memiliki melanin yang berfungsi memberikan warna pada kulit, rambut serta mata pada manusia. Namun pada penderita vitiligo, melanin berhenti memproduksi warna atau pigmen tubuh. Akibatnya, muncul bercak putih di kulit dan uban di rambut. Selain bisa menyerang area kulit mana pun di tubuh, vitiligo juga dapat terjadi di bagian dalam mulut, mata, rambut, dan area kelamin.

Vitiligo tergolong penyakit kulit tidak menular yang berlangsung dalam jangka panjang (kronis). Diperkirakan 0,5–1% orang di dunia mengalami vitiligo. Meskipun dapat menyerang semua orang, vitiligo umumnya menyerang kelompok usia 10–30 tahun dan lebih jelas terlihat pada orang yang berkulit hitam.

Walaupun belum diketahui secara pasti apa penyebab melanin berhenti memproduksi pigmen atau warna pada tubuh, namun ada beberapa hal yang diyakini menjadi penyebab vitiligo. Simak beberapa gejala dan penyebab vitiligo yang wajib kamu ketahui berikut ini:

Gejala Vitiligo

Gejala vitiligo adalah munculnya bercak hipopigmentasi di tubuh. Pada awalnya, bercak yang muncul berwarna lebih muda dari kulit, kemudian perlahan-lahan memutih. Kemunculan bercak vitiligo dimulai dari bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, bibir, tangan dan kaki, lalu menyebar ke bagian tubuh lain.

Gejala lain vitiligo meliputi:

  • Hilangnya pigmen warna di rambut, janggut, bulu mata, dan alis, sehingga terlihat seperti uban
  • Hilangnya pigmen warna di bagian hitam mata, bagian dalam mulut dan hidung, serta di area kelamin
  • Bagian tengah bercak berwarna putih sedangkan tepinya kecokelatan atau kemerahan
  • Nyeri dan gatal di area kulit yang terkena vitiligo
  • Timbul ruam di area kulit yang terkena vitiligo setelah terpapar matahari

Bercak vitiligo umumnya muncul secara simetris di kedua sisi tubuh, tetapi bisa juga di salah satu sisi tubuh. Kapan dan seberapa cepat bercak vitiligo menyebar tidak dapat ditentukan. Di samping itu, warna kulit yang terkena vitiligo terkadang bisa kembali normal. Lalu apa sebenarnya penyebab vitiligo?

Penyebab Vitiligo

Warna kulit, rambut, dan mata dihasilkan oleh sel pigmen tubuh yang bernama melanin. Melanin juga berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Belum diketahui penyebab melanin berhenti memproduksi zat pigmen tubuh, tetapi kondisi tersebut diduga terkait dengan sejumlah faktor berikut:

  • Kelainan genetik yang diturunkan
  • Penyakit autoimun, seperti penyakit Graves, penyakit Hashimoto, atau diabetes tipe 1
  • Paparan sinar matahari (radiasi ultraviolet)
  • Paparan bahan kimia
  • Stres

Itulah beberapa gejala dan penyebab vitiligo yang wajib kamu ketahui. Meskipun tidak bisa dicegah atau diobati, namun setidaknya kamu bisa berkonsultasi ke dokter agar tidak semakin parah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading