5 Cara Agar Hati Lebih Tenang dengan Menjadi Pribadi Sabar

Mimi Rohmitriasih28 Sep 2022, 14:35 WIB
Diperbarui 28 Sep 2022, 14:36 WIB
perempuan kalem tenang di taman bunga

Fimela.com, Jakarta Untuk menjadi pribadi yang sabar memang bukan suatu hal yang gampang untuk dilakukan. Sekuat apapun kita mencoba, jika kita tidak membiasakan diri untuk lebih bersabar, kita akan tetap mudah marah, baper dan emosi. Kita juga akan lebih mudah merasa kurang nyaman saat berada di tengah–tengah banyak orang yang mempertahankan pendapatnya masing-masing. 

Walau menjadi pribadi yang lebih sabar bukan suatu hal yang gampang, kita perlu tahu bahwa kesabaran adalah hal penting dalam hidup. Melalui kesabaran, kita akan menjadi pribadi yang lebih tenang dan fokus dalam menyikapi setiap masalah yang ada. Dengan kesabaran, kita pun bisa bersikap hati-hati dalam setiap bertindak dan mengambil keputusan. 

Berikut beberapa tips atau cara agar hati lebih tenang dengan menjadi pribadi yang sabar.

Bedakan Hal yang Penting dan Tidak Penting

perempuan bahagia ramah tersenyum tenang damai
ilustrasi santai/violetblue/Shutterstock

Usahakan untuk selalu membedakan mana hal-hal yang penting dan mana yang kurang penting. Lakukan sesuatu sesuai dengan kata hatimu dan kepentinganmu. Lihatkan berbagai permasalahan yang ada dari berbagai sisi. Bila perlu, ambil waktu sejenak untuk me time dan relaksasi diri. Ini akan membantumu jadi pribadi yang lebih sabar serta tenang.

Cari Tahu Apa yang Membuatmu Emosi

perempuan dan berusaha untuk tenang
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/chombosan

Selalu cari tahu apa yang membuatmu emosi. Jika kamu sudah mengetahuinya, car solusi untuk mengatasi hal tersebut. Alihkan juga perhatianmu pada hal-hal yang bisa menguji kesabaranmu.

Miliki Istirahat Cukup

santai tenang mencintai diri sendiri minum kopi
ilustrasi perempuan mandiri bahagia/Prostock-studio/Shutterstock

Mengutip dari laman healthline.com, orang yang terlalu lelah akan rentan emosi dan marah. Orang-orang yang memiliki waktu istirahat kurang juga renta stres bahkan depresi. Untuk itu, penting bagi kita agar memiliki waktu istirahat cukup setiap harinya. Hindari aktivitas yang membuat kita terlalu lelah, menguras emosi dan mengeluarkan banyak tenaga. Istirahat yang cukup setiap harinya akan membantu kita jadi pribadi yang lebih sabar, tenang dan menyenangkan.

Lebih Banyak Bersyukur

Ilustrasi tenang, kalem, inspirasi
Ilustrasi tenan (Photo by Giulia Bertelli on Unsplash)

Jadilah pribadi yang lebih banyak bersyukur dengan apa yang kamu miliki sekarang. Dengan rasa syukur yang baik, ini akan melatihmu menjadi pribadi yang lebih sabar. Ini juga akan melatihmu menjadi pribadi yang lebih murah hati, memiliki empati dan simpati yang baik dengan sekitar terutama dengan orang-orang yang berada jauh di bawahmu.

Hibur Diri dengan Mendengarkan Musik, Liburan atau Menekuni Hobi

mendengarkan musik santai tersenyum
ilustrasi perempuan kalem tenang/Blue Titan/Shutterstock

Hibur dirimu dengan mendengarkan musik, liburan atau menekuni hobi saat pikiran mulai penat, amarah memuncak dan emosi melanda. Alihkah perhatianmu dari hal-hal yang bikin emosi pada sesuatu yang kamu sukai dan bikin perasaan jadi lebih tenang. Walau tidak rutin seminggu atau sebulan sekali, sesekali kamu tetap perlu menghibur diri dengan aktivitas liburan dan memanjakan diri sendiri. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar hati lebih tenang dan sabar. Semoga informasi ini bermanfaat dan percayalah bahwa dengan menjadi pribadi yang sabar, kamu akan mendapat banyak keuntungan serta kebahagiaan dalam hidup.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela