Nggak Banyak Diketahui, Inilah 4 Khasiat Kantong Teh yang Bagus untuk Tubuh

Gloria Trivena May Ary03 Okt 2022, 16:14 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 16:15 WIB
Nggak Banyak Diketahui, Inilah 4 khasiat Kantong Teh yang Bagus untuk Tubuh

Fimela.com, Jakarta Menikmati teh sehabis diseduh tak lagi menjadi sebuah tradisi, melainkan gaya hidup. Namun, tingginya aktivitas ngeteh, ternyata juga diikuti oleh peningkatan sampah kantong teh yang tak lagi terpakai. Padahal, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan apabila menggunakan kembali sisa barang tersebut.

Di dalam teh, terdapat senyawa antioksidan yang bernama tanin. Tanin ini umumnya digunakan untuk mencegah kerusakan pada sel tubuh, salah satunya adalah kanker. Bagi kamu yang ingin cari tahu lebih mengenai fakta di balik kantong teh sisa ini, yuk baca dulu informasi berikut.

1. Menghilangkan Mata Panda

Nggak Banyak Diketahui, Inilah 4 khasiat Kantong Teh yang Bagus untuk Tubuh
(c) Shutterstock

Kantong teh bekas hingga sekarang masih terkenal dengan manfaatnya yang ampuh menghilangkan lingkaran pada mata atau mata panda. Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang terdapat di dalam teh, mampu untuk menyempitkan pembuluh darah di area mata. Sehingga, lingkaran mata yang ada pun bisa ikut tersamarkan.

Selain itu, kantong teh bekas diseduh juga bisa membantu mengurangi bengkak pada mata dan menyegarkan kembali mata yang lelah. Kamu cukup meletakkan teh yang sudah tak terpakai lagi pada kedua mata. Kemudian, tunggulah hingga agak mengering dan lanjut dengan dibilas air biasa.

2. Mengurangi Bau Kaki

Nggak Banyak Diketahui, Inilah 4 khasiat Kantong Teh yang Bagus untuk Tubuh
(c) Shutterstock

Memiliki kaki yang bau biasanya dapat menyebabkan rasa tak percaya diri. Namun, hal tersebut bisa diatasi secara mudah dengan menggunakan kantong teh, lho. Karena kandungan antioksidan dalam teh, mampu mengusir bau yang tak sedap. 

Caranya, masukan kantong teh bekas pada rendaman air panas. Kemudian, tunggu hingga temperatur air tersebut turun. Setelahnya, kamu bisa merendamkan kedua kaki selama beberapa menit, hingga bau pada kaki mulai berkurang. Lakukan hal ini secara rutin, niscaya aroma tak sedap pada kaki bisa hilang sepenuhnya. 

3. Atasi Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Nggak Banyak Diketahui, Inilah 4 khasiat Kantong Teh yang Bagus untuk Tubuh
(c) Shutterstock

Kandungan tanin pada teh dipercaya bisa kurangi efek terbakar akibat paparan sinar matahari. Selain itu, antioksidan dan anti-inflamasi yang ada di dalamnya juga bantu mencegah rusaknya sel pada kulit tubuh. Senyawa-senyawa ini senantiasa bekerja dengan menghilangkan kulit kemerahan dan memberikan kelembaban yang bagus bagi kulit kamu. 

Caranya, cukup rendam beberapa kantong teh hitam ke dalam air dingin. Kemudian, letakkan pada permukaan kulit yang bermasalah. Tunggu hingga beberapa menit, hingga efek dari kantong teh tersebut bisa mendinginkan atau menangkan kulitmu yang meradang dan melepuh.

4. Menghentikan Pendarahan pada Luka Ringan

Nggak Banyak Diketahui, Inilah 4 khasiat Kantong Teh yang Bagus untuk Tubuh
(c) Shutterstock

Jika mengalami pendarahan ringan, kamu bisa menggunakan kantong teh bekas sebagai pertolongan pertama. Kandungan tanin dalam teh, bisa membuat darah jadi cepat beku dan mengecilkan pori-pori kulit yang terbuka. Namun, dalam kasus ini, hanya teh hitam dan hijau saja yang dapat dimanfaatkan.

Caranya pun cukup mudah. Basahi saja kantong teh dengan air hangat. Lalu, kamu bisa meletakan teh tersebut pada luka yang ada. Kompres selama kurang lebih 30 menit, agar khasiatnya bisa bekerja dengan maksimal. Setelah itu, bersihkan dan balut dengan kain perban agar tak terkena udara luar.

Itulah 4 hal yang bisa dilakukan dengan kantong teh bekas. Kamu bisa memanfaatkan teh tersebut hingga akhirnya benar-benar bisa dibuang. Jangan lupa pula untuk menyimpan kantong teh yang lembab di dalam suhu yang dingin. Karena bila diletakkan di sembarang tempat, barang tersebut bisa menimbulkan bau tak mengenakan dan bisa mengganggu indera penciuman. 

What's On Fimela