4 Posisi Tidur yang Berbahaya Buat Kehamilan, Bisa Menyebabkan Keguguran

Mimi Rohmitriasih06 Okt 2022, 14:35 WIB
Diperbarui 06 Okt 2022, 14:37 WIB
hamil

Fimela.com, Jakarta Kehamilan merupakan momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Saat hamil, seseorang disarankan untuk lebih menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya, lebih menjaga pola hidup sehari-hari, diminta untuk mengelola stres dengan baik dan diminta untuk lebih hati-hati dalam melakukan berbagai aktivitas termasuk aktiivitas istirahat atau tidur. 

Mengutip dari laman parents.com, posisi tidur yang tidak benar bisa sangat berbahaya buat keselamatan janin di dalam kandungan. Ketika Mom kurang hati-hati dalam menjaga posisi tidur selama hamil, ini bisa meningkatkan risiko keguguran. Ada beberapa posisi tidur yang dianggap sangat berbahaya buat ibu hamil karena bisa memperbesar risiko keguguran. Apa saja posisi tersebut?

Terlentang

Gejala Diabetes hingga Efek Kurang Tidur
Ilustrasi Tidur Credit: pexels.com/Andrea

Posisi tidur pertama yang berbahaya buat kehamilan adalah terlentang. Tidur dengan posisi ini dikhawatirkan bisa menyebabkan sakit punggung, risiko wasir dan masalah pencernaan. Para ahli juga meyakini bahwa posisi tidur terlentang bisa menyebabkan sirkulasi darah dalam tubuh yang menuju plasenta atau janin tidak maksimal. Jika sirkulasi darah tidak maksimal, ini bisa menyebabkan malnutrisi pada janin bahkan kematian. 

Tengkurap

Sedang Stres Berat
Ilustrasi Tidur Credit: pexels.com/Andrea

Posisi tidur tengkurap juga termasuk posisi tidur yang berbahaya untuk ibu hamil. Apalagi jika tidur tengkurap dilakukan pada kehamilan yang telah memasuki trimester kedua hingga ketiga. Besar risiko janin tertekan saat Mom terbiasa tidur tengkurap selama hamil. Dan ini bisa berbahaya untuk keselamatan janin.

Miring ke Kanan

Ibu hamil tidur
ilustrasi/copyright shutterstock.com

Tidur miring ke kanan juga tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Karena ini bisa memperlambat aliran darah ke janin. Janin yang tertekan oleh tubuh Mom selama tidur juga berisiko besar mengalami hal-hal yang berbahaya untuk tumbuh kembang serta keselamatannya.

Mengganjal Kaki Terlalu Tinggi

ibu hamil tidur
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Syda Productions

Tidur dengan mengganjal kaki terlalu tinggi juga tidak disarankan bagi ibu hamil. Karena ini bisa mempersempit ruang gerak janin di rahim bahkan bisa memperburuk aliran oksigen dari tubuh Mom ke janin. 

Itulah beberapa posisi tidur yang cukup berbahaya untuk kehamilan bahkan bisa meningkatkan risiko keguguran. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga Mom lebih bijak serta hati-hati dalam menjaga kehamilan baik menjaga janin di kandungan atau menjaga diri sendiri agar tetap fit dan bugar.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela