8 Manfaat Tersenyum, Mulai dari Kurangi Stres Hingga Bikin Panjang Umur

Mimi Rohmitriasih06 Okt 2022, 16:45 WIB
Diperbarui 06 Okt 2022, 16:45 WIB
senyum bahagia

Fimela.com, Jakarta Sudahkah Sahabat Fimela tersenyum hari ini? Tersenyum bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Namun sayangnya, banyak orang yang terlalu serius dalam melakukan berbagai aktivitas hingga lupa membuatnya tersenyum. Padahal nih ya, tersenyum memiliki segudang manfaat buat kesehatan fisik pun psikis. Senyum yang tulus dan dilakukan setiap hari, ini bisa bikin seseorang lebih bahagia bahkan lebih panjang umur. 

Mengutip dari laman healthline.comm, ada beberapa manfaat mengagumkan dari tersenyum. Apa saja manfaatnya? Simak yang berikut ini.

Manfaat Mengagumkan Tersenyum

perempuan tersenyum bahagia kalem baik
ilustrasi /Ann Rodchua/Shutterstock

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu senantiasa tersenyum dengan tulus setiap harinya. Mengingat ada banyak manfaatnya, disarankan agar kamu membiasakan diri untuk tetap tersenyum dan mencoba tenang meski hati dengan dilanda luka dan kecewa mendalam. Berikut beberapa manfaat dari tersenyum. 

  1. Penelitian yang berjudul Smile Intensity in Photographs Predicts Longevity menunjukkan jika senyum yang tulus dan intens dikaitkan dengan kehidupan yang lebih lama. Tersenyum bisa membuat seseorang lebih panjang umur. 
  2. Senyum bisa mengurangi stres. Ketika kamu sedang dilanda stres, cobalah untuk tersenyum agar stres tersebut perlahan bisa mereda. 
  3. Para ahli percaya jika tersenyum bisa meningkatkan mood kamu setiap harinya. Dengan tersenyum perasaan akan semakin tenang, nyaman dan bahagia.
  4. Tersenyum menularkan kebaikan ke orang lain. Dengan senyuman perasaan orang lain juga akan semakin bahagia. 
  5. Beberapa penelitian menemukan jika tersenyum dan tertawa bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat perasaan lebih tenang karena sebuah senyuman, ini bisa memperbaiki sistem imun tubuh. Ini juga menjadikan seseorang lebih semangat.
  6. Sebuah senyuman bisa mengurangi rasa sakit. Ketika seseorang mengalami luka fisik pun psikis dan ia tersenyum, sakit karena luka tersebut akan tersamarkan oleh perasaan tenang selagi senyum. 
  7. Jika ingin menurunkan tekanan darah dalam tubuh, kamu bisa melakukannya dengan cara termudah yakni tersenyum. Ya, sebuah senyuman yang tulus bisa menekan gejolak emosi bahkan menurunkan tekanan darah. 
  8. Senyuman bisa membuatmu terlihat makin menarik dan menawan di hadapan orang lain. Seseorang yang senantiasa bersikap ramah dan tersenyum kepada orang lain, ia akan memiliki aura yang begitu mengagumkan. 

Itulah beberapa manfaat dari tersenyum untuk kesehatan fisik pun psikis. Yuk, jangan ragu untuk memberikan senyum paling tulus ke orang-orang terbaik di sekitar kita. Jadikan hidup lebih berwarna dan bahagia dengan mencoba untuk tetap tersenyum meski fisik dan psikis terluka. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela