Sukses

Health

3 Tanda Kesehatan Mentalmu Bermasalah, Jangan Abaikan Begitu Saja

Fimela.com, Jakarta Masalah mental merupakan hal yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Ketika kita merasa tidak nyaman dengan perasaan kita, penting bagi kita untuk mencari tahu apa penyebabnya. Jangan sampai masalah mental yang kita alami berujung pada masalah yang lebih rumit apalagi sampai stres dan depresi. 

Mengutip dari laman healthline.com, ketika kita mengalami masalah mental, kita bisa merasakan dan mencari tahu tandanya dari diri kita sendiri. Ada beberapa tanda yang bisa kita rasakan saat mental kita sedang tidak baik-baik saja. Apa saja tandanya?

Nafsu Makan Terganggu

Ketika kita mengalami masalah mental, salah satu tanda paling umum yang bisa dirasakan atau dilihat adalah nafsu makan terganggu. Kita bisa saja kehilangan nafsu makan atau sebaliknya. Kita bisa saja tidak memiliki nafsu makan sama sekali atau memiliki nafsu makan berlebih dengan terus menerus makan meski perut sudah memberi sinyal kenyang. 

Ketika kita mengalami masalah mental dan pola makan kita berantakan, ada banyak masalah kesehatan yang mengintai. Jadi jangan abaikan ketidaknyaman dalam diri akibat masalah mental. 

Susah Tidur

Tanda selanjutnya saat kita mengalami masalah mental adalah susah tidur. Penelitian menemukan jika orang-orang yang sedang dilanda stres, kecemasan bahkan depresi umumnya akan memiliki kualitas tidur yang buruk. Orang-orang dengan masalah mental akan berpotensin susah tidur di malam hari dan lebih banyak tidur di siang hari.

Selalu Merasa Lelah

Selalu merasa lelah bisa menandakan beragam masalah kesehatan dalam tubuh baik masalah kesehatan fisik pun psikis. Selalu merasa lelah juga menandai bahwa kamu sedang mengalami masalah mental baik itu berupa ketidak bahagiaan hidup, kecemasan, stres atau depresi. Bila hal ini tidak segera ditangani, ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang lebih serius ke depannya.

Itulah beberapa tanda yang menunjukkan jika kamu sedang mengalami masalah mental. Jika mengalami tanda di atas, sebaiknya jangan diabaikan begitu saja. Cari tahu penanganan yang tepat untuk masalah ini dan dapatkan fisik serts psikis yang lebih sehat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading