Sukses

Health

Bisakah Segera Hamil Lagi Setelah Keguguran? Ini Kata Ahli

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan pun pasangannya. Apalagi jika kehamilan ini telah ditunggu dalam waktu yang cukup lama. Meski sangat mengesankan, tidak jarang momen kehamilan yang awalnya begitu bahagia tiba-tiba menjadi momen yang menyakitkan dan menyedihkan. Inilah momen keguguran. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa momen keguguran adalah momen yang sangat menyedihkan. Kecewa, sedih, marah dan menyesal campur aduk menjadi satu. Ini tidak jarang membuat seseorang merasa takut bahkan trauma. Pasangan pun sering bertanya-tanya apakah mereka bisa hamil lagi? Kapan kira-kira si istri bisa kembali hamil dan mendatangkan anggota keluarga baru di keluarganya?

Kehamilan Setelah Keguguran

Mengutip dari laman mayoclinic.com, para ahli menemukan jika setiap perempuan yang pernah keguguran berpotensi besar untuk kembali hamil. Namun, tidak menutup kemungkinan keguguran yang telah terjadi sebelumnya memicu atau meningkatkan risiko keguguran di kehamilan berikutnya. Setiap perempuan juga memiliki waktu masing-masing untuk kembali hamil. Ada perempuan yang bisa cepat hamil, ada pula yang harus menunggu cukup lama untuk kembali hamil.

Sejumlah dokter mengungkapkan jika perempuan yang pernah keguguran, sebenarnya bisa merencanakan kehamilan berikutnya setelah tiga bulan pasca keguguran. Penelitian yang dilakukan para ahli menemukan jika hamil kurang dari enam bulan pasca keguguran tidak memberi dampak negatif pada kesehatan. Pada waktu kurang dari enam bulan, rahim pun sudah kembali ke bentuk semula dan siap hamil. Tapi, sejumlah dokter menyarankan agar Mom kembali hamil minimal setelah tiga bulan pasca keguguran. Dokter juga menyarankan agar Mom benar-benar siap lahir batin untuk kembali hamil.

Tips Cepat Hamil Setelah Keguguran

Ada beberapa tips agar cepat hamil setelah keguguran. Apa saja tips tersebut? Simak yang berikut ini. 

  • Pastikan untuk konsultasi ke dokter terkait rencana kehamilan. Katakan bahwa Mom pernah mengalami keguguran. Dokter akan menyarankan yang terbaik dan mengecek kondisi kesehatan secara keseluruhan, apakah Mom sudah siap kembali hamil atau sebaiknya tunda dulu. 
  • Jalani pola makan dan pola hidup yang sehat. Penuhi nutrisi dan gizi seimbang untuk tubuh. Hindari aneka makanan yang memicu menurunnya kesuburan. 
  • Lakukan olahraga rutin. Olahraga tak hanya Mom yang perlu melakukannya tetapi juga suami. Agar keduanya memiliki kesehatan maksimal dan kehamilan yang dijalani nantinya juga lebih maksimal. 
  • Batasi atau bahkan hindari konsumsi kafein, alkolhol dan minuman berbahaya lain seperti minuman bersoda. 
  • Pastikan untuk selalu berpikir tenang, hindari stres dan berpikir buruk mengenai segala hal di sekitarmu. 
  • Jaga berat badan tetap ideal. Berat badan yang terlalu kurang atau lebih berpotensi menyebabkan kesulitan hamil atau keguguran saat hamil. 
  • Usahakan untuk berhubungan intim semaksimal mungkin saat masa subur. 

Itulah sekian mengenai tips segera hamil setelah keguguran, dan kapan waktu tepat untuk hamil lagi setelah keguguran. Semoga informasi ini bermanfaat.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading