Sukses

Health

Wajib Tahu, Ini 9 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Bawang merah adalah salah satu tanaman yang sering dijadikan sebagai bumbu dalam bahan masakan. Oleh karena itu, bawang merah lebih dikenal sebagai penambah cita rasa dalam makanan. Namun tahukah kamu kalau bawang merah mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan?

Selain dijadikan bumbu, tidak jarang bawang merah juga digoreng biasa dan kemudian dijadikan taburan di atas makanan. Namun ada juga yang memakannya mentah-mentah atau bahkan dijus dan diminum agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Apa saja sih manfaat bawang merah untuk kesehatan? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Imunitas

Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang pertama adalah dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh untuk menyerang kuman, virus maupun bakteri yang masuk dari luar tubuh.

Bawang merah dipercaya akan mampu membantu meningkatkan sistem imun. Kandungan selenium pada bawang merah dipercaya dapat meningkatkan sistem imun di dalam tubuh agar kita dapat terhindari dari penyakit.

2. Mencegah Kanker

Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang selanjutnya adalah dapat menjadi salah satu obat alami yang dapat menghancurkan sel kanker.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa mereka melihat seberapa sering orang Italia dan Swiss mengonsumsi bawang merah, bawang putih dan sayuran. Hasilnya, orang yang mengonsumsi lebih banyak bawang merah ternyata risiko terkena kanker akan semakin rendah.

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kandungan bawang merah yang dapat meningkatkan kesehatan otak adalah kehadiran folat. Ini adalah salah satu dari delapan vitamin B dan itu meningkatkan fungsi otak dengan berkontribusi pada kesehatan mental dan emosional. Folat juga melindungi DNA dan RNA tubuh.

Bawang merah juga mengandung zat besi yang sangat penting untuk fungsi otak. Bawang merah juga mengandung senyawa lain yang disebut pyrithione, yang bisa melawan peradangan otak dan meningkatkan aktivitas neurologis.

Sifat-sifat anti-radang dari bawang merah ini juga dapat membantu mencegah alzheimer, kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat. Bawang merah juga dapat menenangkan saraf dan mengobati iritasi saraf.

 

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

4. Mengontrol Diabetes

Flavonoid dalam kandungan bawang merah membantu mengobati banyak penyakit, salah satunya adalah diabetes. Beberapa penelitian juga menunjukkan manfaat bawang merah mentah yang meningkatkan produksi insulin dan membantu mengontrol berat badan yang berhubungan dengan diabetes. Sifat tertentu dari bawang merah membantu merangsang sekresi insulin, yang menurunkan respons inflamasi yang terkait dengan diabetes.

5.  Menyehatkan Jantung

Khasiat bawang merah mentah dapat membuka arteri yang tertutup dan mengontrol tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, mengonsumsi bawang merah secara teratur bisa mencegah penyakit jantung koroner.

6. Melegakan Tenggorokan

Manfaat bawang merah mentah dapat mengobati tenggorokan yang sakit. Jus bawang merah segar dapat melegakan tenggorokan akibat terserang batuk dan pilek. Untuk menambah cita rasa beri tambahan gula jawa atau madu ke dalam jus bawang.

 

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

7. Menurunkan Kolesterol

Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Hal tersebut berdasarkan dari sebuah penelitian seorang wanita yang memiliki masalah berat badan dengan polycystic ovary syndrome (PCOS).

Mereka dibagi ke dalam 2 kelompok, ada yang diminta mengonsumsi banyak bawang merah, dan kelompok kedua diminta sedikit mengonsumsi bawang merah. Hasilnya orang yang mengonsumsi banyak bawang merah memiliki tingkat kolesterol jahat yang turun.

8.. Memperlancar Sistem Pernapasan

Manfaat bawang merah untuk kesehatan selanjutnya adalah salah satu obat antiradang. Oleh sebab itu, penderita asma dan alergi disarankan mengonsumsi umbi-umbian yang satu ini. Bawang merah pun dipercaya dapat memperlancar sistem pernafasan.

9. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Tulang merupakan hal terpenting yang ada di dalam tubuh dan bertugas untuk menopang tubuh kita. Untuk menjaganya, selain konsumsi makanan dan minuman yang kaya kalsium seperti susu juga bisa dengan mengonsumsi bawang merah.

Bawang merah dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang Anda dan mencegah osteoporosis, serta dapat menjaga massa tulang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading