Sukses

Health

Bikin Napas Jadi Makin Lega, Inilah 4 Makanan yang Ampuh Bersihkan Paru-Paru

Fimela.com, Jakarta Paru-paru merupakan salah satu organ tubuh yang dinilai penting keberadaannya. Ini karena organ satu ini berperan sebagai alat pernapasan, di mana pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida terjadi. Oleh karena itu, kamu perlu untuk menjaga bagian ini agar tetap sehat dan nggak sampai terkena penyakit serius. 

Meski begitu, ada begitu banyak partikel yang bisa membuat paru-paru terkontaminasi dan menjadi kotor. Di antaranya adalah debu, polusi, hingga asap rokok. Nah, bagi kamu yang ingin paru-parunya tetap bersih dan membuat napas jadi lega, maka bisa coba berbagai makanan berikut ini.

1. Madu

Makanan manis yang satu ini ternyata bisa banget untuk dijadikan sebagai pembersih paru-paru. Ini karena madu memiliki sifat antibakteri yang mampu mengurangi partikel-partikel jahat yang ada di paru-paru. Sehingga, saluran pernapasan jadi bisa lebih lega dan terjaga kesehatannya.

Cara menggunakan madu dalam membersihkan paru-paru juga sangat gampang. Kamu hanya perlu menyediakan satu sendok madu dan segelas air hangat. Kemudian campurkan kedua bahan ini hingga merata dan minum hingga habis. Selain membuat paru-paru jadi bersih, cara ini juga dapat mengurangi batuk dan pilek, lho.

2. Kunyit

Bahan alami selanjutnya yang bisa dipakai untuk mengurangi kotoran dalam paru-paru adalah kunyi. Bumbu dapur ini diperkaya dengan antioksidan dan anti-inflamasi yang berguna bagi kesehatan tubuh. Kedua senyawa ini dipercaya dapat mendukung kesehatan dan kinerja dari paru-paru.

Para peneliti sendiri menyebutkan bahwa seseorang yang rajin mengkonsumsi kunyit, dapat membantu meningkatkan kondisi paru-paru hingga 9 persen. Ini nggak terlepas pula dari kandungan kurkumin pada kunyit yang mampu menunjang fungsi dari organ yang terletak di dada tersebut.

3. Apel

Buah-buahan tentu akan memberikan kebaikan yang luar biasa bagi tubuh. Hal ini sudah pasti berlaku pula pada buah apel yang identik dengan rasa manis dan asemnya. Namun, siapa yang mengira bahwa buah satu ini ternyata bisa dimanfaatkan sebagai pembersih paru-paru.

Di dalam buah apel, terdapat vitamin C dan flavonoid yang berperan sebagai antioksidan. Dengan adanya kedua kandungan ini, apel mampu mengurangi kerusakan pada paru-paru dan bahkan bisa mencegah kemunculan penyakit berbahaya, seperti kanker.

4. Tomat 

Makanan terakhir yang bisa dikonsumsi agar sistem pernapasan jadi makin sehat dan bersih adalah tomat. Sama seperti apel, tomat juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu, buah ini juga diperkaya dengan likopen dan antioksidan karotenoid, yang dipercaya bagus untuk tingkatkan kesehatan paru-paru.

Bagi kamu yang mengidap permasalahan pernapasan seperti asma, maka tomat bisa menjadi alternatif obat yang tepat. Caranya, cukup dengan mengolah buah ini menjadi jus atau bisa pula dengan dimakan langsung. Lakukan hal ini secara rutin dan kamu akan dapatkan hasil yang diinginkan. 

Itulah beberapa makanan yang bisa disantap dan berguna untuk membersihkan paru-paru. Memiliki sistem pernapasan yang baik tentu jadi idaman setiap orang. Oleh karena itu, jangan pernah lelah untuk berikan yang terbaik bagi kesehatan tubuh, termasuk paru-paru, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading