Praktis dan Tidak Ribet, Ini Tips dan Menu Makan Siang Sehat

Fimela Reporter01 Des 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 01 Des 2022, 15:00 WIB
Makan Siang Sehat

Fimela.com, Jakarta Sarapan mungkin sering digadang-gadang menjadi "makanan paling penting" yang tidak boleh dilewatkan setiap harinya. Namun, hal tersebut juga berlaku untuk makan siang loh. Makan siang yang sehat dan bergizi dapat membantu seseorang untuk semangat melakukan kegiatannya sepanjang siang, yang biasanya dipenuhi oleh kegiatan kantor atau rumah yang menyibukkan. Makan makanan yang sehat juga dapat membuat tubuh merasa nyaman dan lebih baik.

Namun, sebenarnya bagaimana sih makan siang yang sehat itu? Merangkum dari berbagai sumber, berikut merupakan tips dan menu makan siang yang tidak hanya sehat, tetapi juga praktis dalam proses penyajiannya.

 

Tips Makan Siang Sehat

Tips Makan Siang Sehat
Simak tips dan menu makan siang sehat yang praktis. (unsplash.com/Ella Olsson)

1. Pilih Makanan Rendah Lemak

Melansir dari healthub.sg, makan siang yang sehat adalah dengan membatasi konsumsi makanan berlemak tinggi, di antaranya dengan:

  • Batasi atau hindari makanan renyah yang digoreng (deep fried).
  • Perhatikan makanan yang memiliki lapisan minyak yang terlihat dan dimasak dengan krim.
  • Jika ingin mengonsumsi mie, pilihlah mie rebus dengan kuah jernih dibanding mie goreng.

2. Perbanyak Sayuran

 

Melansir dari insider.com, sayuran memeberikan nutrisi penting dan serbaguna bagi tubuh. Menambahkan berbagai jenis sayuran ke dalam menu makan siang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sayuran pada makan siang dapat dikonsumsi dengan cara mentah, direbus, dikukus, ataupun dipanggang. Tambahkan sedikit bumbu untuk membuat sayuran terasa lebih lezat.

3. Kurangi Konsumsi Garam

 

Mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi garam dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Oleh karena itu, harus diperhatikan mengenai kandungan garam yang terdapat dalam menu makan siang.

4. Buah dan Air

Banyak orang menyukai makanan manis untuk menutup makan siang mereka, seperti permen, cokelat, dan dessert lainnya. Namun, makanan tersebut mengandung gula yang tinggi yang tentunya tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya mengganti mereka dengan buah. Selain rasanya yang manis, buah juga mengandung banyak nutrisi dan vitamin sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Sementara itu, pilihlan untuk mengonsumsi air ketimbang minuman manis untuk meminimalisir jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Menu Makan Siang Sehat dan Praktis

Menu Makan Siang Sehat
Simak tips dan menu makan siang sehat yang praktis. (unsplash.com/Ryan Concepcion)

1. Salad

Siapa yang tidak tau salad? Makanan sehat satu ini kerap dijadikan menu makan siang bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Dibuat dari berbagai campuran bahan makanan alami yang mengandung banyak protein, vitamin, dan juga rendah kalori karena minim karbohidrat, dapat menjadi alasan untuk menjadikan salad menu makan siang sehat. Selain sehat, cara membuat salad pun praktis.

Hanya dengan mencampurkan sayuran, buah, dan kacang-kacangan pilihan ke dalam mangkuk. Lalu campurkan dengan bumbu dan jenis minyak sesuai selera. Tambahkan dressing yang disukai, lalu aduk. Maka, salad pun sudah siap dimakan.

2. Egg Scramble Wrap

 

Melansir dari eatthis.com, menu makanan satu ini bisa menjadi menu andalan makan siang yang praktis dan juga sehat karena mengandung banyak protein, serat, dan juga kaya akan kandungan lemak tak jenuh tunggal. Cara membuatnya yakni dengan memasak (scramble) dua butir telur bersamaan dengan tomat ceri dan alpukat yang sudah dipotong kotak. Setelah matang, letakkan di atas lembaran tortilla yang sudah diolesi saus dan lada. Egg scramble wrap pun sudah bisa dinikmati.

3. Sandwich Alpukat dan Telur

Menu makan siang yang satu ini sangat simpel dalam pembuatannya karena tidak membutuhkan banyak bahan. Selain lezat, makanan ini mengandung karbohidrat, protein, dan sodium yang dapat memberikan energi di siang hari dan juga baik bagi mereka yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Cara membuatnya sangat mudah, yakni dengan merebus dua butir telur, dan potong alpukat menjadi potongan tipis. Oleskan butter pada roti dan tambahkan keju, telur yang sudah dimasak, dan alpukat di atasnya. Panggang roti beserta isiannya tadi di atas kompor selama beberapa menit hingga warnanya kuning keemasan. Sandwich alpukat dan telur pun sudah bisa disantap untuk makan siang.

 

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela