Sukses

Health

WHO Luncurkan Aplikasi Peningkat Aktivitas Fisik GenMove untuk Menyambut Piala Dunia Qatar 2022

Fimela.com, Jakarta Pembukaan ajang yang paling dinanti tahun ini yakni Piala Dunia Qatar 2022 menjadi sebuah momentum bagi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk meluncurkan sebuah aplikasi yang dirancang guna membantu meningkatkan aktivitas fisik, kesehatan, dan kesejahteraan jutaan anak muda. Aplikasi ini Bernama GenMove yang merupakan hasil kerja sama antara WHO dengan Kementerian Kesehatan Masyarakat Qatar dan FIFA.

Melansir dari Liputan6.com, GenMove Season1 adalah aplikasi game yang menggunakan pelacakan gerakan canggih yang dikombinasikan dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan pengalaman video game yang kuat pada anak usia 8 hingga 15 tahun. Game ini mengharuskan pemainnya melakukan serangkaian gerakan berbeda hingga cocok untuk anak-anak dengan semua tingkat kebugaran.

Alasan peluncuran aplikasi ini adalah terdapat sebanyak 80 persen remaja yang tidak melakukan rata-rata 60 menit aktivtas fisik aerobik intensitas sedang per hari sesuai rekomendasi WHO. Padahal, aktivitas ini bermanfaat untuk menguatkan otot dan tulang jika dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu.

Diperkirakan bahwa anak-anak dan remaja dapat menghabiskan lebih dari 8 jam untuk tidak bergerak dan tidak aktif. Hal ini tentunya merupakan perilaku yang berkaitan dengan kebugaran yang buruk serta dapat menyebabkan penambahan berat badan dan kurang tidur.

"Aplikasi ini diharapkan dapat memacu banyak inisiatif serupa untuk membuat anak-anak lebih aktif di seluruh dunia. Aktivitas fisik secara teratur memiliki manfaat besar seumur hidup untuk kesehatan fisik dan mental, dan sangat penting untuk perkembangan kesehatan anak-anak," kata Direktur Jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus mengutip dari Liputan6.com.

Alat untuk Menjangkau Anak Muda

Menurut Tedros, GenMove Season1 dapat menjadi alat yang ampuh untuk menjangkau para kaum muda dan membuat mereka bergerak, terutama anak-anak yang tidak rutin berolahraga. Aplikasi ini telah diluncurkan pada 19 November 2022 oleh Menteri Kesehatan Masyarakat Qatar, Dr Hanan Mohamed Al Kuwari dalam acara Walk the Talk – Health for All Challenge.

Acara gerak jalan ini diselenggarakan untuk pertama kalinya di Qatar. Dalam acara ini, para peserta berjalan kaki sejauh 3 hingga 5 kilometer sebagai bentuk pelibatan masyarakat dari segala usia dan kemampuan sekaligus mempromosikan manfaat aktivitas fisik.

"Qatar dengan bangga meluncurkan inovasi penting ini untuk anak-anak menjelang Piala Dunia FIFA Qatar 2022. Kami berkomitmen untuk melakukan sebanyak mungkin untuk meningkatkan aktivitas fisik dan membangun kesehatan anak muda di Qatar dan di seluruh dunia," ujar Hanan mengutip dari Liputan6.com.

Terinsipirasi dari Olahraga Populer

Setelah pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia, dampak yang diberikan kepada kaum muda sangat besar. Hal ini berkaitan dengan pembatasan Pendidikan jasmani dan olahraga di sekolah. Sebab itu, mempromosikan aktivitas fisik dengan memanfaatkan teknologi digital dapat menjadi sebuah cara baru untuk menawarkan kegiatan yang menyenangkan agar mereka bisa tetap aktif.

Game yang terdapat dalam aplikasi GenMove terinsipirasi dari olahraga populer seperti sepak bola. Gerakan yang dibutuhkan dalam bermain game ini di antaranya adalah tindakan seperti melompat, meraih, dan menendang untuk membangun kepercayaan diri dan kesenangan anak-anak dalam bergerak. Game ini dapat dimainkan di dalam atau di luar ruangan dan hanya membutuhkan ponsel atau tablet untuk membuat anak aktif.

Mengutip dari Liputan6.com, Alisson Becker yang merupakan WHO Goodwill Ambassador for Health Promotion sekaligus penjaga gawang nasional Brasil mengatakan bahwa dirinya menyukai aplikasi ini.

"Saya suka GenMove. Teknologi membuka dunia untuk semua orang, tetapi terkadang hal itu dapat membuat Anda terlalu lama duduk. Jadi, platform GenMove membantu Anda dalam hal itu. Pada saat yang sama, Anda dapat bersenang-senang dengan anak-anak Anda, atau diri mereka sendiri, dan melakukan sesuatu yang sehat," kata Becker.

Pentingnya Aktivitas Fisik

Melansir dari Liputan6.com, Dr Fiona Bull selaku Kepala Unit Aktivtas Fisiki di WHO mengatakan bahwa biaya untuk sistem perawatan kesehatan masyarakat akibat fisik yang tidak aktif sangat tinggi. Sebabnya masyarakat dianjurkan untuk aktif bergerak agar tetap sehat.

"Oleh karena itu, membuat anak-anak menikmati aktivitas dan membangun kebiasaan setiap hari sangat penting untuk mencegah penyakit tidak menular di masa depan, seperti penyakit jantung, kelebihan berat badan dan obesitas, hipertensi, diabetes, dan banyak kanker," jelasnya.

GenMove bekerja sama dengan kampanye FIFA yang bertema sepak bola pelengkap yakni "Bring the Moves" bertujuan untuk mendorong kaum muda agar membagikan gerakan perayaan gol mereka secara online dan menghasilkan pengikut muda yang aktif sepanjang Piala Dunia.

Aplikasi GenMove Season1 kini sudah dapat diunduh secara gratis di smartphone dengan mengunjungi laman berikut https://www.getgenmove.com. Aplikasi GenMove Season1 yang sudah diluncurkan pada 19 November 2022 saat ini tersedia dalam bahasa Inggris, Arab, China, Prancis, Rusia, dan Spanyol.

 

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading