Penyebab Hilang Nafsu Makan Secara Tiba-tiba dan Cara Mengatasinya

Senjie Nuraini23 Nov 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 27 Nov 2022, 21:08 WIB
Hilang Nafsu Makan - Vania

Fimela.com, Jakarta Makan adalah salah satu kebutuhan manusia yang paling penting. Tanpa makan, manusia bisa kekurangan nutrisi bahkan mati kelaparan. Makan jadi terasa sangat nikmat jika dilakukan dalam keadaan perut sedang kelaparan.

Namun terkadang ada situasi yang menyebabkan mendadak jadi tidak nafsu makan. Misalnya sakit. Ketika sedang sakit, tiba-tiba saja kamu jadi merasa tidak nafsu makan sama sekali. Bahkan tidak merasa lapar sedikitpun.

Namun ada hal yang menjadi penyebab tidak nafsu makan tiba-tiba. Apa saja penyebabnya? Simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Tidak Nafsu Makan

ilustrasi sakit flu
Ilustrasi sakit/Copyright shutterstock/Chaay_Tee

1. Pilek dan Flu

Penyakit umum yang satu ini juga bisa menjadi penyebab nafsu makan berkurang. Hal ini disebabkan adanya infeksi saluran pernapasan akibat virus atau bakteri. Masalah pencernaan seperti mual atau sembelit biasanya juga timbul akibat penyakit yang satu ini, sehingga mengurangi keinginan penderita untuk makan.

2. Dehidrasi

Dehidrasi juga bisa menjadi penyebab merasa tidak nafsu makan. Ketika seseorang kurang mendapatkan cairan pada tubuhnya, dapat timbul rasa mual sehingga memengaruhi nafsu makan.

3. Efek Samping Pengobatan

Seperti yang sebelumnya sudah disampaikan, beberapa obat-obatan dan treatment dapat menjadi penyebab nafsu makan berkurang. Efek samping ini biasanya diikuti dengan rasa mual dan lelah.

Beberapa jenis obat-obatan yang bisa mengurangi nafsu makan, antara lain:

  • Obat penghilang rasa sakit
  • Steroid anabolik
  • Morfin
  • Obat kemoterapi
  • Antibiotik
  • Obat untuk diabetes tipe 2
  • Obat antidepresan seperti fluoxetine

 

Penyebab Lainnya

Pengaruh Anemia
Ilustrasi/Credit: pexels.com/Yunalya

4. Masalah Psikologis

Ada berbagai masalah psikologis yang mampu menjadi penyebab nafsu makan berkurang. Nafsu makan dapat terpengaruh ketika merasa sedih, berduka, tertekan, atau cemas sedang terjadi. 

Kebosanan dan stres juga dikaitkan dengan penurunan nafsu makan. Saat stres, tubuh biasanya akan bereaksi seolah-olah tubuh sedang dalam bahaya. Otak akan melepaskan zat kimia seperti adrenalin yang membuat jantung berdetak lebih cepat dan memperlambat pencernaan.  Jika stres dalam waktu yang lama, tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang membuat tubuh lebih lapar terutama makanan yang berkalori tinggi.

5. Anemia

Kondisi anemia ini terjadi ketika tubuh tidak bisa menghasilkan sel darah merah yang cukup. Padahal, sel darah merah inilah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika tubuh kekurangan oksigen, akan terjadi kelelahan dan nafsu makan berkurang.

Itulah beberapa penyebab tidak nafsu makan yang mungkin beberapa kali kamu alami. Sebisa mungkin hindari hal-hal yang menjadi penyebab tersebut ya, Sahabat Fimela.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela