Apa Penyebab Bola Mata Menguning? Cek Di Sini

Vania Al kautsar02 Des 2022, 10:40 WIB
Diperbarui 02 Des 2022, 10:45 WIB
mata - vania

Fimela.com, Jakarta Mata menguning biasanya dapat terjadi pada penderita penyakit kuning, penyakit kuning dapat terjadi ketika adanya komponen pembawa oksigen dalam darah atau biasa disebut sebagai hemoglobin yang terutai dan tubuh tidak dapat membersihkannya. Jika hal ini dapat terjadi terkadang aka nada penumpukan bilirubin di kulit dan membuatnya tampak kuning.

Hal ini juga dapat terjadi pada mata, jaringan mata yang sehat tentu akan terlihat berwarna putih. Jika pada bagian putih mata ada yang berbeda atau mengalami perubahan warna tentu dapat mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang mungkin dialaminya.

Ada banyak penyakit yang menyebabkan mata menguning seperti anemia, virus hepatitis, dan masih banyak lainnya. Selain itu mata yang menguning juga dapat terjadi oleh siapa saja, berikut beberapa penyebab bola mata menguning yang sering bikin penasaran:

 

1. Hepatitis

Sakit - Vania
Ilustrasi Sakit/https://unsplash.com/Engin Akyurt

Hepatitis dapat terjadi saat hati yang meradang, seringkali hal ini disebabkan oleh virus yang menginfeksi sel-sel hati seperti hepatitis A, B, maupun C. Selain itu infeksi satu ini juga dapat berjangka pendek bahkan panjang, yang dapat berlangsung lama. Ternyata hepatitis dapat merusak hati karena sulit menyaring bilirubin yang dapat menyebabkan mata menguning.

2. Batu Empedu

Sakit - Vania
Ilustrasi Sakit/https://unsplash.com/Engin Akyurt

Batu empedu merupakan penyebab yang paling umum dari saluran empedu yang sedang tersumbat, saluran empedu seperti pipa pembuangan dan biasanya akan membawa cairan dari hati ke kantong empedu. Jika kantong empedu tersumbat oleh batu empedu maka bilirubin akan menumpuk di dalam darah serta menyebabkan bagian putih mata menjadi kuning.

3. Terlalu Banyak Alkohol

Alkohol - Vania
Ilustrasi Alkohol/https://unsplash.com/Kelsey Knight

Tahukah kamu bahwa mengonsumsi terlalu banyak alkohol dapat memberikan efek yang buruk untuk kesehatan? Jika kamu minum terlalu banyak alkohol selama beberapa tahun ternyata dapat menyebabkan terjadinya kerusakan hati yang serius. Selain itu terkadang hal satu ini dapat menyebabkan peradangan yang merusak sel-sel hati, seiring berjalannya waktu bekas luka juga dapat menggantikan jaringan hati yang sehat.

4. Anemia

Pengaruh Anemia
Ilustrasi Anemia Credit: pexels.com/Yunalya

Ada beberapa gejala yang mungkin dialami saat orang menderita anemia seperti mata kuning, kelelahan, sesak napas, hingga merasa lemah. Anemia dapat terjadi ketika tingkat sel darah merah yang membawa oksigen ke jaringan tubuh terlalu rendah, selain itu hal ini juga dapat menyebabkan mata menguning.

Mata yang menguning kemungkinan besar memang disebabkan oleh penyakit kuning, beberapa penyakit kuning yang dialami terkadang dapat menganggu atau menyebabkan beberapa komplikasi. Jika kamu mengalami masalah satu ini ada baiknya untuk periksa ke dokter agar mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela