Sukses

Health

Kenali Penyebab Munculnya Jerawat Menjelang Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Menstruasi merupakan siklus bulanan yang umum terjadi pada perempuan yang berusia produktif. Biasanya, menjelang menstruasi ada banyak hal yang terjadi pada tubuh. Beberapa hal membuat kita merasa kurang nyaman bahkan sebal. Hal tersebut antara lain nyeri perut, munculnya jerawat dan perubahan suasana hati. Lantas, bagaimana hal ini bisa terjadi?

Munculnya Jerawat Sebelum Menstruasi

Pembentukan jerawat sebelum menstruasi sebenarnya tidak berbeda dengan jerawat pada umumnya. Proses kemunculannya berawal dari produksi sebum oleh kelenjar minyak dalam kulit. Dalam beberapa kondisi, sebum tidak bisa keluar dari folikel karena pori-pori tersumbat. Sumbatan yang terbentuk dari campuran sebum, sel kulit mati, dan rambut, ini akan menyebabkan munculnya jerawat. 

Saat menjelang menstruasi sendiri, para ahli mengungkapkan jika terjadi perubahan hormon dalam tubuh. Hormon tersebut adalah estrogen, progesteron dan testosteron. Hormon juga berperan besar dalam proses pembentukan jerawat. 

Hormon yang kerap mengalami perubahan menjelang menstruasi ada testosteron. Memang kadar hormon ini lebih sedikit pada perempuan jika dibandingkan dengan yang ada pada pria. Meski sedikit, menjelang menstruasi jumlahnya akan naik. Kenaikan hormon testosteron dipercaya bisa meningkatkan sebum. Inilah yang kemudian bisa memicu jerawat. Para ahli juga mengungkapkan jika ketika hormon progesteron meningkat saat menstruasi, ini bisa memperparah masalah jerawat.

Tips Mencegah Munculnya Jerawat Menjelang Menstruasi

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencegah dan mengatasi munculnya jerawat menjelang menstruasi. Beberapa hal tersebut antara lain sebagai berikut: 

  • Bersihkan kulit wajah secara rutin minimal dua kali dalam sehari. 
  • Hindari menyentuh kulit wajah dengan tangan apalagi jika tangan dalam keadaan kotor. 
  • Bersihkan secara rutin layar ponsel atau gadget.
  • Hindari segala jenis kosmetik yang mengandung minyak atau memungkinkan pori-pori kulit tersumbat. 
  • Mandi dan cuci kulit wajah secara rutin dengan air bersih. 
  • Konsumsi makanan yang bernutrisi tinggi dan bermanfaat mencegah munculnya jerawat. 
  • Hindari makanan yang mengandung minyak atau bisa memperparah masalah kulit termasuk masalah jerawat. 

Itulah sekilas mengenai jerawat menjelang menstruasi. Semoga informasi ini bermanfaat. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading