Sukses

Health

7 Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh menjadi masalah kesehatan yang tak boleh disepelekan begitu saja. Kadar kolesterol yang tinggi bisa memicu beragam masalah kesehatan mematikan. Salah satunya adalah risiko serangan jantung. 

Para ahli menyarankan agar penderita kolesterol tinggi, bisa memilih asupan nutrisi yang dikonsumsi setiap harinya secara lebih bijak. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang bisa memperparah kolesterol dalam tubuh. Ada pula makanan yang bermanfaat menstabilkan bahkan menurunkannya. 

Mengutip dari laman healthline.com, berikut makanan yang bisa memperparah kolesterol dalam tubuh. Untuk itu, penting bagi penderita kolesterol tinggi dalam menghindari makanan tersebut.

Telur

Siapa sangka telur sebaiknya dihindari penderita kolesterol. Namun inilah kenyataannya. Memang, studi menemukan jika telur tidak berbahaya jika dikonsumsi sebanyak satu butir setiap harinya. Hanya saja, ini pengecualian bagi penderita kolesterol tinggi. Para ahli menyarankan agar orang dengan kolesterol tinggi membatasi konsumsi telur, tidak lebih dari 3 sampai 4 butir per minggunya.

Jeroan

Jaroan memang memiliki cita rasa yang lezat dan menggugah selera. Sayangnya, jeroan mengandung kolesterol tinggi di dalamnya. Penderita kolesterol tinggi wajib untuk menghindari makanan ini. Selain bisa meningkatkan kadar kolesterol, jeroan bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular lainnya.

Daging Olahan

Para ahli percaya jika daging olahan mengandung kolesterol yang tinggi di dalamnya. Mereka yang memiliki kolesterol tinggi dalam tubuh dan terbiasa konsumsi daging olahan, ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Ini juga bisa meningkatkan beragam risiko penyakit mematikan lainnya seperti diabetes, beberapa jenis kanker dan stroke.

Udang

Dibandingkan makanan laut lainnya, udang mengandung kolesterol yang paling tinggi. Udang sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi mereka yang berkolesterol tinggi. Kalau pun ingin mengonsumsi udang, sebaiknya batasi jumlah konsumsinya. Bila perlu konsultasikan dulu hal ini dengan dokter atau ahlinya.

Gorengan

Aneka gorengan atau makanan yang digoreng sebaiknya juga dihindari oleh penderita kolesterol. Makanan yang digoreng mengandung lemak jenuhh dan kolesterol yang bisa berdampak buruk buat kesehatan. Ini bahkan bisa memicu stroke, jantung dan penyakit lain secara mendadak.

Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji umumnya mengandung lemak jenuh, lemak trans, garam, dan kalori tinggi. Hal ini dapat berdampak buruk pada lipid darah dan kesehatan secara keseluruhan. Gorengan juga dapat mengandung lemak trans akibat proses penggorengan berulang-ulang pada suhu tinggi. Disarankan untuk menghindari makanan cepat saji dan gorengan, dan memilih metode memasak yang lebih sehat seperti merebus, memanggang, atau mengukus.

Makanan Olahan Tinggi Gula

Makanan olahan yang tinggi gula tambahan dan karbohidrat sederhana, seperti soda, permen, kue manis, dan makanan ringan olahan, dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan kolesterol tinggi. Konsumsi berlebihan gula dan karbohidrat sederhana dapat meningkatkan kadar trigliserida dan menurunkan kadar kolesterol HDL.

Itulah sekian makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita kolesterol tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat. Semoga kita lebih bijak dalam menjaga pola hidup dan mengonsumsi makanan sehari-hari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading