5 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi

Mimi Rohmitriasih22 Jan 2023, 11:15 WIB
Diperbarui 22 Jan 2023, 11:15 WIB
Vitamin D

Fimela.com, Jakarta Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh tak boleh disepelekan begitu saja. Kolesterol yang tinggi bisa memicu beragam masalah kesehatan. Ini bahkan bisa memicu risiko penyakit kardiovaskular termasuk jantung dan stroke. 

Bagi Sahabat Fimela yang memiliki kadar kolesterol tinggi, sebenarnya untuk menurunkannya tak harus dengan konsumsi obat-obatan. Beberapa makanan dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi penderita kolesterol tinggi. Ada pula beberapa makanan lain yang wajib untuk dihindari. 

Mengutip dari laman healthline.com, berikut beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Selain menurunkan kadar kolesterol, makanan ini juga menstabilkan kolesterol dan membuat fisik pun psikis lebih sehat. Simak yang berikut ini.

Sayuran Hijau

Kekurangan Vitamin
Ilustrasi makanan sehat/credit: pexels.com/vanessa

Makanan pertama yang direkomendasikan untuk penderita kolesterol tinggi ada sayuran hijau. Beberapa sayuran hijau yang sebaiknya dikonsumsi antara lain kangkung, labu siam, brokoli dan kubis. Selain menstabilkan kolesterol, sayuran hijau juga sebagai nutrisi diet terbaik yang bisa dikonsumsi sehari-hari. 

Ikan Laut

ilustrasi ikan laut
ilustrasi ikan laut (sumber: freepik)

Ikan laut dan beberapa makanan laut lain sebaiknya juga dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Ikan adalah sumber asam omega 3 yang baik buat kesehatan. Namun ingat, ikan sebaiknya dimasak dengan cara dikukus atau rebus. Konsumsi ikan dan makanan laut lain sebaiknya juga dikonsumsi dalam porsi yang tidak berlebihan setiap harinya.

Kacang-kacangan

kacang
ilustrasi kacang/copyright Rawpixel

Kacang-kacangan adalah makanan selanjutnya untuk penderita kolesterol tinggi. Studi menemukan jika kacang-kacangan bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jenis kacang yang baik untuk penderita kolesterol antara lain kacang almond, kacang kenari dan macadamia.

Buah-buahan

apel
ilustrasi buah apel/Photo by Aarón Blanco Tejedor on Unsplash

Buah-buahan tertentu juga disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol. Adapun buah tersebut antara lain alpukat, berry, anggur dan buah-buahan citrus. Aneka buah ini mengandung vitamin yang baik menstabilkan kolesterol dalam tubuh.

Kedelai dan Olahannya

susu kedelai
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Davizro Photography

Beberapa penelitian menemukan jika kedelai dan produk olahannya juga baik untuk penderita kolesterol tinggi. Produk olahan kedelai seperti tahu, tempe dan susu kedelai terbukti mampu menurunkan kolesterol berlebih dalam tubuh. Tapi ingat, sebaiknya kedelain pun produk olahannya dimasak dengan cara dikukus agar khasiatnya lebih maksimal.

Itulah sekian makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Para ahli menyarankan agar makanan yang mengandung cukup stanol dan sterol di dalamnya, juga dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Untuk mengatasi kolesterol tinggi, konsumsi beberapa jenis makanan saja tidak cukup. Ini juga perlu didukung olahraga dan istirahat cukup setiap harinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela