Sukses

Health

5 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Sering Terjadi Namun Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh tubuh. Ini berasal dari makanan hewani. Pada dasarnya, kolesterol membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak. Dalam kadar yang normal, kolesterol sebenarnya sangat dibutuhkan. Namun, dalam kadar yang berlebih, kolesterol sangat berbahaya buat kesehatan. 

Ada dua jenis kolesterol, yakni lipoprotein densitas rendah (LDL) atau kolesterol jahat, dan lipoprotein densitas tinggi (HDL) atau kolesterol baik. Saat jumlah kolesterol jahat (LDL) tinggi, inilah yang kemudian berbahaya buat kesehatan.

Ada banyak hal yang menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh berlebih atau tinggi. Mengutip dari laman healthline.com, pola hidup yang tak sehat digadang-gadang sebagai penyebab utama kolesterol tinggi. Dan berikut adalah penyebab kolesterol tinggi yang sering terjadi, namun sayangnya penyebab ini jarang disadari.

Kebiasaan Konsumsi Makanan Berlemak

Para ahli percaya jika makanan menjadi penyebab utama meningkatnya kolesterol dalam tubuh. Kebiasaan konsumsi makanan berlemak, bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bahkan, ini bisa menyebabkan obesitas dan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih berbahaya. Aneka makanan berlemak tinggi seperti gorengan, bisa mempercepat naiknya kolesterol dalam tubuh.

Kurang Gerak dan Olahraga

Inilah kenapa gerak tubuh cukup dan olahraga sangat penting. Ketika kamu kurang gerak dan olahraga, ini bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh secara cepat. Saat kamu jarang bergerak atau olahraga, enzim yang seharusnya memecah kolesterol jahat menjadi kolesterol baik (HDL) turun hingga 95 persen. Inilah yang kemudian membuat kolesterol jahat di dalam tubuh jadi jauh lebih tinggi.

Kebiasaan Merokok

Merokok memiliki banyak efek samping buruk buat kesehatan. Salah satunya adalah meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Studi menemukan jika senyawa berbahaya dalam rokok bisa ikut mengalir dalam darah. Hal ini kemudian mengikat kolesterol jahat dalam darah, dan membuatnya lebih pekat. Saat kolesterol jahat lebih pekat, ini memungkinkannya tetap berada dalam darah di waktu lama dan akhirnya menumpuk.

Stres Berkepanjangan

Siapa yang suka stres dan memikirkan segala hal secara berlebihan? Pastikan untuk mengelola stres dengan baik dan tetap bahagia bagaimanpun keadaannya. Studi menemuka jika stres berkepanjangan meningkatkan risiko naiknya kolesterol dalam tubuh. Ini bahkan berisiko meningkatkan berbagai masalah kesehatan berbahaya lainnya. Stres tak hanya berbahaya buat fisik tetapi juga psikis untuk jangka waktu yang panjang.

Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat-obatan tertentu bisa membuat kadar kolesterol naik. Jika kamu termasuk pribadi yang harus konsumsi obat-obatan tertentu,  pastikan untuk selalu konsultasikan hal ini dengan dokter. Lakukan pemeriksaan rutin dan cek kadar kolesterol pun risiko penyakit lain secara berkala. 

Itulah sekian penyebab kolesterol tinggi yang sering terjadi namun jarang disadari. Selain penyebab di atas, beberapa hal lain seperti kebiasaan konsumsi minuman keras, makanan manis, obesitas, pertambahan usia dan kehamilan juga bisa meningkatkan kolesterol. Semoga informasi ini bermanfaat dan yuk, miliki pola hidup yang lebih sehat ke depannya. Jangan lupa untuk memiliki gerak tubuh dan olahraga cukup setiap harinya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading