Sukses

Health

Mengenal Jenis-Jenis Mental Block yang Wajib Diantisipasi, Apa Saja?

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu merasa buntu di tengah-tengah proses memikir atau melakukan pekerjaan? Jika pernah, mungkin saja saat itu kamu sedang mengalami kondisi mental block. Jika didefinisikan, mental block adalah sebuah keadaan di mana otak menolak pikiran atau ingatan tertentu. 

Umumnya, fenomena seperti ini banyak terjadi pada saat seseorang sedang menulis, mencari ide, melakukan perjalanan, dan sebagainya. Oleh karena itulah, semua orang memiliki potensi yang sama untuk mengalami gangguan psikologis ini, termasuk pula diri kamu.

Menariknya, serangan mental seperti ini dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yang berbeda. Apa saja itu?

1. Self-doubt

Meragukan diri sendiri secara tidak sadar, itulah yang dinamakan dengan self-doubt. Keadaan ini biasanya disebabkan oleh inner voice negatif yang bergema di dalam hati dan kepala. Meski sudah berusaha sekuat tenaga, namun gangguan psikologis ini pada kenyataannya sangat sulit untuk dihilangkan. 

Parahnya, ketika seseorang nggak bisa mengatasi permasalahan ini, maka perasaan seperti rendah diri, insecure, hingga berujung kekecewaan pun dapat menghantui dan memperburuk kondisi mu.

2. Indecision

Indecision merupakan sifat seseorang yang terpaku terhadap penilaian untuk setiap keputusan yang diperbuat. Mungkin kedengarannya baik, tetapi pemikiran ini cenderung membuat seorang individu jatuh ke dalam kondisi mental block. Sebab, ada terlalu banyak energi yang dikeluarkan dan itu menjadikan diri sendiri lupa akan prioritas yang lain.

3. Fixed Mindset

Individu dengan fixed mindset biasanya memiliki pemikiran tetap dan nggak berubah. Artinya, apapun yang ia pegang teguh dalam-dalam, nggak akan tergantikan atau pudar apapun situasi yang dihadapi. Meski begitu, sifat ini bisa membuat penderitanya akan sulit untuk berkembang. Pasalnya, ketika seseorang sudah fokus terhadap sesuatu, maka dirinya akan tetap berada di titik itu tanpa mengeksplorasi bidang yang lainnya.

4. Comparison

Jenis mental block selanjutnya adalah comparison. Ketika seseorang memiliki sifat ini, maka dirinya akan senantiasa membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Apa yang dipunya atau diraih orang lain, maka menjadi sebuah ancaman bagi dirinya. Padahal, ini jelas akan membuat penderitanya sulit maju dan malah membawa dirinya ke kepanikan dan rasa stress yang tinggi.

5. Uncertainty

Terakhir ada uncertainty, di mana individu yang bersifat ini akan selalu berjalan di atas ketidakpastian dan terus merasa bimbang. Apapun yang ingin diputuskan selalu diawali dengan perasaan nggak percaya pada diri sendiri. Biasanya situasi seperti ini akan datang ketika ada banyak pilihan yang datang di waktu bersamaan. Oleh karena itu, waktu yang dimiliki malah dihabiskan secara sia-sia dan nggak menghasilkan sesuatu yang signifikan.

Itu tadi beberapa jenis mental block yang perlu diketahui. Ingat, semua kategori permasalahan psikologis ini nggak akan membawa manfaat baik bagi kamu dan orang di sekitar. Maka dari itu, jika ada salah satu dari jenis mental block di atas yang dirasakan, segeralah untuk berubah dan kalau perlu berkonsultasi dengan seorang psikolog.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading