Sukses

Health

5 Cara Menjaga Siklus Menstruasi Tetap Lancar yang Perlu Diketahui Remaja Perempuan

Fimela.com, Jakarta Banyak hal baru yang harus dipelajari oleh remaja perempuan yang memasuki masa pubertas. Selain mengenal tubuhnya sendiri, penting juga untuk mempelajari siklus menstruasi yang dialami setiap bulan. Setiap perempuan memang mengalami siklus menstruasi yang berbeda, normalnya setiap 21-35 hari sekali. Namun, perubahan hormon yang terjadi di beberapa tahun pertama menstruasi memang bisa mempengaruhi siklus tersebut, baik itu jadi lebih cepat atau lambat.

Jika kamu juga mengalami kondisi menstruasi yang nggak teratur, beberapa cara berikut bisa dicoba untuk menjaga siklus tetap normal. Apa saja?

Atur Pola Makan untuk Mempersiapkan Tubuh

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat menstruasi nggak teratur adalah cek dulu pola makanmu. Apakah makanan yang dikonsumsi selama ini sudah mengandung berbagai nutrisi sesuai kebutuhan? Mempersiapkan tubuh lewat makanan bergizi penting banget untuk menjaga siklus menstruasi tetap lancar.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur untuk menjaga keseimbangan hormon di dalam tubuh. Selain itu, jangan lupa mengonsumsi makanan yang kaya kandungan zat besi untuk mencegah anemia ketika menstruasi berjalan nanti. Jangan lupa penuhi juga kebutuhan Omega 3 tubuh untuk meminimalisir gejala PMS.

Olahraga Rutin

Kebiasaan hidup sehat seperti olahraga memegang peranan penting untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat. Selain itu, kegiatan ini juga direkomendasikan untuk mengatasi sindrom ovarium poliklistik atau yang dikenal dengan sebutan PCOS. Sindrom ini sendiri menjadi salah satu penyebab menstruasi nggak teratur.

Ada banyak olahraga ringan yang disarankan untuk menjaga siklus menstruasi agar tetap teratur. Misalnya saja yoga. Sebuah studi menunjukkan bahwa yoga selama 35-40 menit setiap hari dapat mempengaruhi hormon siklus menstruasi. Hasilnya, haid pun jadi lebih teratur. Nggak hanya yoga, kamu juga bisa melakukan renang, bersepeda, atau pilates yang juga dapat membantu melancarkan haid.

Jaga Berat Badan Tetap Ideal

Tahu nggak sih kalau ternyata obesitas atau berat badan yang nggak terkendali ternyata bisa menyebabkan menstruasi jadi nggak teratur? Bahkan, kondisi ini juga bisa menyebabkan perdarahan berat saat menstruasi. Namun, bukan hanya obesitas saja, karena berat badan yang di bawah normal ternyata juga bisa menyebabkan siklus menstruasi nggak berjalan sebagaimana mestinya.

Jadi, penting untuk tetap mempertahankan berat badan agar tetap ideal. Jika memang ingin menjalankan program penurunan atau penambahan berat badan, sebaiknya konsultasikan pada dokter atau ahli gizi agar kamu bisa mendapatkan masukan tentang pola makan yang sehat.

Pastikan Istirahat Cukup

Stres dan tubuh yang lelah juga bisa menjadi faktor yang dapat membuat siklus menstruasi datang lebih cepat atau terlambat. Nggak jarang ada juga yang mengalami haid 2x dalam sebulan atau malah terlambat sama sekali.

Jadi, penting untuk memastikan kamu mendapatkan istirahat yang cukup. Hindari juga kebiasaan tidur larut malam yang hanya akan membuat menumpuknya risiko berbagai penyakit. Ciptakan kondisi kamar yang nyaman untuk membuatmu cepat terlelap. Misalnya dengan redupkan lampu dan atur suhu kamar hingga nyaman supaya tubuh mudah tertidur.

Konsumsi Minuman Herbal

Beberapa jenis bahan-bahan herbal memiliki kandungan untuk melancarkan siklus menstruasi dan sudah digunakan secara turun-temurun. Misalnya saja jahe, kayu manis, hingga kunyit yang kabarnya dapat membantu melancarkan siklus menstruasi. Sayangnya, belum ada penelitian yang memastikan kandungan ini, namun nggak ada salahnya mengonsumsi bahan-bahan herbal tersebut karena berbagai kandungan baiknya untuk tubuh.

Menjaga siklus menstruasi tetap normal sangat penting, karena dari sini juga kamu bisa memantau kesehatan organ reproduksi. Supaya tetap nyaman dan bebas bergerak saat sedang menstruasi, pastikan gunakan pembalut yang memiliki daya serap baik, anti bocor, dan terbuat dari bahan-bahan berkualitas untuk menjaga kesehatan organ intim.

Yuk, saatnya mulai pantau kembali siklus menstruasi kamu sekarang juga!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading