Sukses

Health

9 Makanan yang Membantu BAB Anak agar Tidak Keras dan Lancar

Fimela.com, Jakarta Frekuensi buang air besar dari satu anak ke anak lainnya bervariasi. Namun, menurut American Academy of Pediatrics (AAP), kebanyakan anak, BAB satu atau dua kali sehari, sementara yang lain bisa dua hingga tiga hari.

Namun jika anak buang air besar kurang dari dua kali seminggu, bisa jadi mengalami konstipasi. Termasuk memiliki tinja yang keras atau menyakitkan sampai bisa berdarah.

BACA JUGA: Doa Menahan BAB, Hukum dan Risiko Untuk Kesehatan

Salah satu yang menyebabkan sembelit, termasuk menahan adalah, mereka mengabaikan keinginan untuk BAB karena takut. Bisa jadi karena keras dan sakit.

Untuk membantu sembelit karena BAB keras, kita bisa memberikan makanan dan camilan buah-buahan dan sayur-sayuran. Menambahkan dua hingga tiga porsi buah atau sayuran sehari sehari yang mengandung 2 gram serat bisa jadi solusi.

1. Raspberry

Berikut ini kudapan atau camilan untuk mencegah sembelit yang disukai anak-anak, melansir dari parents.com;

 

1. Raspberry

Delapan gram serat per cangkir, berry jadi salah satu buah dengan serat tertinggi. Baik segar atau beku, kita tetap akan mendapatkan manfaatnya.

2. Kentang

Lewati kentang goreng demi kentang yang dipanggang, direbus, atau dikukus. Satu kentang berukuran sedang memiliki hampir empat gram serat (pertahankan kulitnya untuk sedikit tambahan serat).

 

3. Edamame

3. Edamame

Seperempat cangkir edamame yang dikupas memiliki tiga gram serat, dan anak-anak suka mengeluarkan kacang yang rasanya seperti kacang dari polongnya dan masuk ke mulut mereka.

4. Oatmeal

Sebungkus oatmeal instan polos mengandung 4 gram serat. Taburi dengan irisan buah untuk dosis ekstra serat dan sedikit madu atau sirup maple untuk rasa manis.

 

5. Pasta gandum utuh

Ada enam gram serat dalam satu porsi pasta gandum. Jika anak Anda terbiasa dengan warna putih, campurkan setengah putih dan setengah gandum utuh dan beri nama "pasta zebra".

6. Kacang goreng

Semua kacang adalah sumber protein, serat, dan zat besi yang baik. Seperempat cangkir memiliki sekitar tiga gram serat.

 

7. Biji rami

Beli biji rami giling (atau giling sendiri) untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari pembangkit tenaga nutrisi kecil ini. Kita bisa juga menambahkan biji rami ke adonan muffin dan wafel dan mencampurnya menjadi smoothie.

8. Alpukat

Seperempat cangkir alpukat tumbuk mengandung tiga gram serat, ditambah lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung.

9. Popcorn

Sajikan favorit anak-anak yang renyah ini pada waktu ngemil—ini sebenarnya gandum utuh. Buat sendiri di atas kompor (ini resep mudahnya).

10. Pir

Satu buah pir berukuran sedang (dengan kulitnya) mengandung lima gram serat—itu adalah seperempat dari yang dibutuhkan anak-anak setiap hari.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading