Sukses

Health

Benarkah Rutin Puasa Menurunkan Kadar Kolesterol? Cek Faktanya

Fimela.com, Jakarta Puasa dengan rutin, seperti halnya puasa sunah Rajab atau puasa sunah lain dan puasa Ramadan, memberikan banyak manfaat. Tak hanya sebagai cara mendapat amal yang berlimpah, ini juga sebagai cara untuk memiliki tubuh yang lebih sehat. 

Dari berbagai penelitian, ditemukan jika puasa memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Ini bahkan bisa melatih diri menjadi pribadi yang lebih sabar dan mampu mengontrol emosi dengan baik. Puasa juga dipercaya bisa menstabilkan dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan catatan, puasa dilakukan dengan rutin dan pola makan yang lebih sehat.

Puasa Menurunkan Kolesterol Jahat

Mengutip dari laman liputan6.com, beberapa penelitian menemukan jika berpuasa bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL atau high-density lipoprotein) dalam tubuh. Ini juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL atau low-density lipoprotein). 

Studi yang dilakukan terhadap 32 orang di Maroko yang sedang berpuasa, ditemukan jika mereka yang rutin berpuasa Ramadan, mengalami penurunan jumlah kolesterol hingga 7,9 persen. Penurunan ini jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan hari-hari biasa selain Ramadan atau selain berpuasa. 

Tak hanya menurunkan kolesterol, beberapa studi juga menemukan jika puasa bisa menyehatkan jantung. Puasa juga sebagai cara alami untuk menurunkan berat badan, mendetoksifikasi tubuh hingga meningkatkan sistem imun tubuh.

Pola Makan Berpengaruh Besar

Meski begitu, penelitian lain menemukan jika puasa justru bisa meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh. Ketika seseorang berpuasa namun tidak menjaga pola makan dan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, ini berpengaruh besar terhadap naik turunya kolesterol. 

Konsumsi makanan rendah lemak selama puasa, ini yang dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol. Sebaliknya, konsumsi makanan tinggi lemak saat puasa, ini justru meningkatkan kadar kolesterol. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading