Sukses

Health

Penyebab Badan Bergetar atau Tremor yang Dialami Ketika Masih Muda

Fimela.com, Jakarta Badan bergetar atau dikenal juga dengan sebutan tremor adalah gerakan bergetar atau gemetar di satu atau lebih bagian tubuh dan tidak dapat dikendalikan. Sebagian besar tremor terjadi di tangan. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi di kepala, wajah, pita suara, tungkai, dan kaki.

Tremor biasanya dialami oleh orang yang sudah tua. Tremor dipicu oleh perubahan otak yang bertugas mengatur pergerakan otot. Perubahan tersebut memicu kontraksi otot yang menimbulkan gemetar. Selain itu, tremor juga bisa disebabkan karena mengalami penyakit tertentu seperti parkinson atau stroke.

Namun tremor atau badan yang gemetar juga bisa dialami oleh orang yang masih berusia muda. Mengapa demikian? Apa hal yang bisa menjadi penyebab atau pemicu tremor yang terjadi pada usia muda? Simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Tremor yang Dialami Oleh Anak Muda

Berikut ini beberapa kondisi medis yang menyebabkan terjadinya tremor di usia muda:

  • Cedera kepala
  • Hipoglikemia (kondisi ketika kadar gula dalam darah berada di bawah normal)
  • Hipokalsemia (kondisi rendahnya kadar kalsium di dalam plasma darah)
  • Penyakit saraf
  • Hiponatremia (kekurangan natrium dalam darah)
  • Hipomagnesemia (kekurangan magnesium dalam darah)

Jenis Tremor yang Biasanya Terjadi Pada Usia Muda

1. Tremor esensial

Tremor ini paling sering terjadi. Kondisi ini biasanya dirasakan pada bagian tangan, tetapi bisa juga terjadi di kepala, lidah, dan kaki.

2. Tremor fisiologis

Tremor yang bisa terjadi pada orang yang tidak memiliki gangguan kesehatan apapun. Jenis ini dapat memengaruhi bagian tubuh manapun dan akan bertambah buruk jika kamu kelelahan serta kadar gula darah rendah. Kondisi ini tak disebabkan oleh gangguan otak.

3. Tremor distonik

Tremor ini merupakan tremor yang sering terjadi pada orang yang mengalami distonia, yaitu gangguan kontraksi otot.

4. Tremor serebelar

Ditandai dengan gerakan gemetar perlahan yang biasanya disebabkan oleh gangguan fungsi otak. Misalnya akibat multiple sclerosis, cedera pada otak, atau tumor otak.

5. Tremor Parkinson

Tremor ini adalah tremor yang terjadi akibat penyakit Parkinson, sehingga sangat jarang terjadi pada anak-anak. Akan tetapi, kemungkinan untuk terjadi pada usia muda masih ada. 

Cara Mengatasi Tremor di Usia Muda

Pada dasarnya, tidak semua jenis tremor dapat disembuhkan sepenuhnya. Cara mengatasi tremor di usia muda umumnya hanya untuk meringankan gejala yang dialami.

Untuk tremor yang ringan, pengobatan biasanya tidak diperlukan. Namun, kamu tetap bisa membantu mengurangi intensitas tremor yang dialami dengan menghindari pemicunya, seperti kelelahan atau stres.

Bila tremor yang dialami cukup parah, kamu bisa mendiskusikan pilihan pengobatan dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading