Sukses

Health

5 Tanda Kehamilan yang Bisa Dikenali Sebelum Melakukan Testpack

Fimela.com, Jakarta Kehamilan merupakan momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Umumnya, kehamilan ditandai dengan telatnya menstruasi atau telat haid. Selain hal ini, ada banyak tanda hamil muda lainnya yang bisa dikenali. Tanda-tanda ini bahkan bisa dirasakan dan dikenali sebelum kita melakukan testpack. 

Memang, tanda kehamilan pada setiap perempuan tak sama. Beberapa tanda bahkan nyaris sama dengan tanda menjelang menstruasi atau PMS. Untuk mengenali gejala atau tanda kehamilan muda, ada beberapa hal yang bisa kamu lihat. Dan untuk meyakinkannya, kamu perlu melakukan testpack. Berikut beberapa tanda kehamilan muda yang bisa dikenali dengan mudah.

Terlambat Menstruasi

Tanda paling umum dan sering terjadi adalah terlambat menstruasi. Hampir semua perempuan yang hamil, akan berhenti menstruasi. Meski begitu, tidak semua kondisi terlambat menstruasi menandakan kehamilan. Beberapa hal lain seperti stres, kelelahan, masalah kesehatan tertentu atau konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan terlambat menstruasi.

Mual dan Pusing

Tanda kehamilan muda selanjutnya ada mual dan pusing. Umumnya, perempuan yang sedang hamil akan mengalami kondisi ini. Tak hanya di pagi hari, mual dan pusing bisa terjadi sepanjang hari baik di pagi, siang atau malam hari. Beberapa orang juga akan lebih peka terhadap aroma atau bau, sehingga mual yang dirasa bisa lebih parah. 

Nyeri Payudara

Perempuan yang hamil muda juga ditandai dengan nyeri payudara. Hal ini terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh. Biasanya, nyeri ini akan terasa seperti menjelang menstruasi. Selain nyeri, payudara juga akan terasa lebih padat dan kencang.

Mudah Lelah

Tanda berikutnya ada mudah lelah. Hamil muda membuat seseorang merasa mudah lelah dan lemas. Bahkan ketika ia telah memiliki waktu istirahat cukup. Rasa lelah terjadi karena perubahan hormon, tekanan darah dan gula dalam darah lebih rendah selama kehamilan.

Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Hamil muda juga terjadi karena frekuensi buang air kecil meningkat. Bahkan, tanda ini bisa dirasakan sebelum menstruasi datang terlambat. Kondisi ini terjadi karena volume darah meningkat yang membuat ginjal bekerja lebih ekstra. 

Itulah sekian tanda kehamilan yang bisa dikenali bahkan sebelum datang menstruasi atau sebelum melakukan testpack. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading