Sukses

Health

Beberapa Penyebab Munculnya Jerawat di Punggung yang Wajib Kamu Ketahui

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel kulit mati. Ini menyebabkan munculnya semacam bintik atau benjolan pada kulit, utamanya kulit wajah. Jerawat paling umum diderita oleh remaja, namun tidak menutup kemungkinan kalau segala usia juga mengalami jerawat.

Secara umum, penyebab timbulnya jerawat meliputi produksi minyak (sebum) yang berlebihan, tersumbatnya folikel rambut oleh sel kulit mati, bakteri, peradangan (inflamasi). Jerawat biasanya bisa hilang dengan sendirinya. Bergantung pada tingkat keparahannya. Namun, semakin cepat ditangani, biasanya jerawat akan lebih mudah hilang.

Jerawat biasanya muncul di kulit wajah. Namun bisa juga muncul di badan, terutama di punggung. Mungkin kamu pernah mengalami jerawat di punggung. Nah ternyata ada hal-hal yang menyebabkan munculnya jerawat di punggung. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Jerawat di Punggung

1. Stres

Sama halnya dengan jerawat di wajah, jerawat di punggung juga bisa disebabkan karena stres. Penelitian telah menunjukkan hubungan antara stres dan munculnya jerawat. Satu studi menemukan bahwa mahasiswa lebih cenderung mengalami jerawat selama ujian, dan American Academy of Dermatology merekomendasikan mengurangi stres sebagai bagian yang berguna dari manajemen jerawat.

2. Hormon

Hormon juga dapat menyebabkan jerawat punggung yang parah. Menurut Medical News Today, kadar testosteron yang tinggi dapat menyebabkan jerawat dengan meningkatkan produksi minyak, yang kemudian dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Penurunan kadar estrogen yang berhubungan dengan siklus menstruasi juga dapat memicu timbulnya jerawat.

3. Tempat tidur kotor

Seprai, bantal, sarung bantal dan kasur harus dibersihkan secara teratur. Jika tidak, tempat tidur  bisa menjadi kotor, basah dan berminyak, membuat bakteri lebih mungkin untuk hidup dan berkembang biak.

Menjaga kebersihan tempat tidur adalah salah satu langkah terpenting untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah masalah kulit, termasuk jerawat punggung. Untuk menjaga kebersihan tempat tidur, cuci sprei, sarung bantal, dan bantal seminggu sekali.

Penyebab Jerawat di Punggung

4. Sampo

Sampo atau kondisioner yang kamu gunakan untuk membersihkan rambut ternyata bisa menyebabkan munculnya jerawat di punggung.

Menurut American Academy of Dermatology, minyak alami tubuh  dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat, dan zat dalam rambut dan produk tubuh juga dapat memicu jerawat. Kondisioner rambut yang mengalir di punggung saat mandi juga dapat membawa sejumlah besar zat penyumbat pori  ke kulit punggung. Cuci rambut secara menyeluruh dan gunakan produk yang berlabel non-porous, oil-free, non-comedogenic, dan non-acnegenic.

5. Keringat

Keringat dan kotoran di kulit setelah berolahraga bisa menjadi penyebab terbesar jerawat punggung dan bahu. Hal ini dikarenakan keringat dapat membawa kotoran yang nantinya bisa menyumbat pori dan menyebabkan munculnya jerawat di pungung.

6. Tidak mengganti baju dalam waktu yang lama

Pemakaian baju yang sama berulang-ulang menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat punggung. Hal ini dikarenakan baju yang kamu gunakan kemungkinan sudah menyerap keringat yang membawa kuman atau bakteri di dalamnya. Selain itu, kotoran yang menempel pada baju juga bisa menyumbat pori dan menimbulkan jerawat.

7. Banyak mengonsumsi produk olahan susu dan karbohidrat

Menurut American Academy of Dermatology, ada bukti yang berkembang bahwa diet berpengaruh pada jerawat. Makanan kaya karbohidrat dengan indeks glikemik tinggi bisa sangat bermasalah bagi penderita jerawat, karena gula darah yang meningkat dengan cepat dapat memicu jerawat.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab jerawat di punggung. Kebanyakan berkaitan dengan kebersihan tubuh, lingkungan serta makanan yang kamu makan. Oleh karena itu, usahakan untuk menjaga kebersihan tubuh dan lingkunganmu serta atur pola makanmu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading