Sukses

Health

5 Penyebab Gampang Pingsan dan Cara Mencegahnya

Fimela.com, Jakarta Pingsan adalah suatu kondisi yang dialami seseorang saat tiba-tiba kehilangan kesadaran dan keseimbangan. Umumnya kondisi ini terjadi karena menurunnya aliran darah ke otak. Pemicunya pun bisa karena sejumlah hal.

Pingsan bisa menjadi pertanda adanya penyakit atau gangguan kesehatan yang dialami seseorang, tetapi orang yang sehat juga bisa mengalami pingsan. Melansir laman Web MD, dalam sebagian besar kasus, orang yang pingsan akan sadar kembali dalam hitungan menit. Kali ini kita akan membahas lima hal yang kerap menjadi penyebab seseorang gampang pingsan. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Tekanan Darah Turun Tiba-Tiba

Sinkop vasovagal atau tekanan darah turun tiba-tiba bisa membuat seseorang pingsan. Kondisi ini bisa dialami anak-anak hingga orang dewasa muda. Saat tekanan darah turun, sirkulasi darah ke otak ikut menurun, sehingga menyebabkan hilangnya kesadaran. Biasanya terjadi ketika seseorang terlalu lama berdiri atau diawali gejala mual, pusing, dan pandangan buram.

 

 

2. Stres

Rasa gelisah, takut, tertekan, stres, hingga lapar bisa membuat seseorang pingsan. Walau tak memiliki riwayat penyakit saraf atau gangguan otak, seseorang bisa gampang pingsan ketika berada di situasi yang sulit ia kendalikan. Apalagi kalau belum bisa mengelola emosi dengan baik, maka tekanan emosional yang intens bisa membuat seseorang gampang pingsan.

 

 

3. Hipotensi Ortostatik

Terlalu cepat berganti posisi seperti dari berbaring ke berdiri atau dari duduk ke berdiri bisa memicu rasa pusing. Saat tubuh punya masalah dalam mengontrol tekanan darah, maka bisa memicu pingsan. Seseorang yang mengidap kondisi hipotensi ortostatik bisa gampang pingsan, umumnya dialami oleh orang lanjut usia.

 

 

4. Hiperventilasi

Saat kita terlalu gelisah atau merasa panik, dan sesak napas, kita bisa pingsan karena hiperventilasi. Tubuh yang menyerap oksigen dan melepas terlalu banyak karbondioksida terlalu cepat bisa membuat seseorang pingsan.

 

 

5. Dehidrasi

Dehidrasi juga bisa membuat seseorang gampang pingsan. Saat tubuh kekurangan cairan, aliran darah bisa kurang lancar. Hal ini akan memengaruhi tekanan darah kita dan menyebabkan pingsan.

Cara Mencegah Pingsan

Kalau mulai merasakan gejala akan pingsan, bisa melakukan sejumlah cara sederhana untuk mencegahnya. Beberapa cara di antaranya adalah berbaring dengan mengangkat kaki (atau duduk dengan merundukkan kepala sampai di antara dua lutut), minum air putih, makan camilan, dan mengatur napas. Kalau berada di kondisi atau cuaca yang terik, segera cari tempat untuk berteduh.

Apabila sering pinsan tanpa tahu pemicu atau penyebab pasti, segera periksakan diri ke dokter ya. Bisa jadi kondisi gampang pingsan menjadi tanda adanya penyakit atau masalah kesehatan lain.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading