Sukses

Health

Alasan Mie Instan Sebaiknya Tak Dimakan dengan Nasi

Fimela.com, Jakarta Mie instan merupakan makanan yang cukup digemari oleh banyak orang. Rasanya yang lezat, cara penyajiannya yang mudah, membuat siapapun nampaknya sulit untuk menolaknya. Mengutip dari laman healthline.com, agar mie instan lebih sehat, kita bisa menyajikannya bersama sumber protein dan vitamin dari ikan, daging, telur pun sayuran. Tapi sebaiknya, penyajian mie instan tidak bebarengan dengan nasi. Kenapa?

Mie Instan dan Nasi Sama-Sama Sumber Kalori

Mie instan dan nasi adalah sumber kalori yang jika dikonsumsi bersamaan, ini bisa menyebabkan asupan kalori yang masuk ke tubuh berlebihan. Studi menemukan jika mie instan kaya akan kandungan natrium di dalamnya. Jika ini dikonsumsi bersamaan dengan nasi, ini bisa menyebabkan kelebihan natrium dan kalori dalam tubuh. Kelebihan keduanya dipercaya bisa berdampak buruk buat kesehatan.

Menyebabkan Obesitas

Konsumsi mie instan dan nasi secara bersamaan, akan meningkatkan jumlah kalori. Saat kalori berlebihan, ini berisiko menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan. Terlebih, jika mereka yang mengonsumsinya juga tak memiliki gerak tubuh cukup setiap harinya. 

Selain menyebabkan obesitas, kebiasaan konsumsi mie instan bersama nasi, juga rentan menyebabkan berbagai masalah kesehatan lain. Antaranya jantung, diabetes, penumpukan lemak hingga tekanan darah tinggi. Studi yang diterbitkan di jurnal berjudul Diabetology & Metabolic Syndrome, disebutkan jika obesitas rentan menyebabkan berbagai risiko penyakit kardiovaskular.

Tips Mie Instan Lebih Sehat

Agar asupan mie instan lebih sehat, sebaiknya ini dikonsumsi bersama sumber nutrisi lain seperti sumber protein dan vitamin. Masak mie instan bersama telur, daging dan aneka sayuran. Pastikan untuk menambahkan bumbu segar lain seperti bawang putih, bawang merah dan cabai. Usahakan pula, untuk konsumsi mie instan secukupnya dan jangan berlebihan serta terus menerus setiap harinya. 

Itulah sedikit alasan kenapa sebaiknya mie instan tak dikonsumsi bersama nasi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading