Sukses

Info

Penjelasan tentang Gempa Bumi di Jember dari BMKG, tak Berpotensi Tsunami

Fimela.com, Jakarta Hari ini, Kamis (16/12/2021) terjadi gempa bumi di Jember, Jawa Timur. Gempa Jember ini terjadi di skala magnitudo 5,1, pada pukul 6 pagi tadi.

Pusat gempa bumi ada di laut 42km barat daya Jember, dengan kedalaman 10km. Getaran dirasakan hingga III Denpasar, III Kuta, III Legian, II-III Banyuwangi, II Jimbaran, II Puger, II Karangkates, I-II Lumajang, I-II Bondowoso.

Semakin besar skalanya, semakin terasa getaran gempanya. Skala Modified Mercalli Intensity (MMI) III berarti getaran dirasakan sangat nyata. Menurut Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Daryono, hingga saat ini sudah ada laporan mengenai dampak kerusakan akibat gempa bumi tersebut di Kabupaten Jember.

 

Gempa bumi di Jember tak berpotensi tsunami

Dalam keterangan BMKG yang dilansir di situs resmi mereka, wilayah sekitar laut Jember juga ikut merasakan getaran gempa. Namun, BMKG juga menjelaskan bahwa gempa Jember ini tidak berpotensi tsunami, namun masyarakat dihimbau waspada akan adanya gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading