Sukses

Info

Pendaftaran LTMPT Telah Dibuka, Siswa SMA dan Gap Year Bisa Ikut SNMPTN, SBMPTN, dan UTBK

Fimela.com, Jakarta Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi telah membuka pendaftaran akun untuk siswa Sekolah Menengah Atas melalui situs resminya, portal.ltmpt.ac.id. Akun ini wajib dimiliki oleh setiap siswa SMA yang hendak mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi.

Menurut Ketua LTMPT Prof. Mochamad Ashari setiap siswa SMA yang ingin melanjutkan pendidikannya wajib membuat akun LTMPT. Terutama bagi yang ingin masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan UTBK.

Pendaftaran akun LTMPT telah dibuka untuk jalur SNMPTN pada 10 Januari 2022 hingga 15 Februari 2022. Sementara untuk pendaftaran akun untuk jalur SBMPTN dan UTBK baru akan dibuka pada 14 Februari hingga 17 Maret 2022.

 

Dokumen yang perlu disiapkan

Selain siswa SMA kelas 12, siswa yang masuk kategori Gap Year karena menunda masuk perguruan tinggi juga bisa mendaftar akun LTMPT. Jika sudah pernah mendaftar akun LTMPT di tahun sebelumnya, siswa Gap Year harus mendaftarkan akun baru untuk bisa ikut seleksi perguruan tinggi negeri.

Ada sejumlah dokumen yang perlu disiapkan oleh siswa SMA untuk mendaftar akun LTMPT. Di antaranya NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), NPSN (Nomor Pokok Sekolah Naional), tanggal lahir yang sesuai dengan Dapodik, alamat e-mail aktif, foto 4x6 dengan format JPEG atau PNG berukuram maksimal 300kb, dan KTP.

 

Alasan peserta gagal lulus SNMPTN dan SBMPTN

Foto menjadi salah satu dokumen yang perlu diperhatikan karena kerap membaut siswa tidak diterima di jalur penerimaan SNMPTN maupun SBMPTN. Menurut perwakilan LTMPT Arif Djuniady, banyak siswa yang gagal karena fotonya tidak terlihat.

"Saya katakan banyak itu karena ribuan foto yang tidak kelihatan," katanya dalam sosialisasi Mekanisme Registrasi Akun LTMPT dan Verval Data pada PMB 2022 secara virtual pada Senin (10/1/2022).

 

Simak video berikut ini

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading