Kreator YouTube Bakal Punya Sumber Cuan Baru dari NFT, Bagaimana Cara Kerjanya

Vinsensia Dianawanti28 Jan 2022, 18:30 WIB
Diperbarui 28 Jan 2022, 18:30 WIB
Ilustrasi Youtube

Fimela.com, Jakarta Kreator YouTube sebentar lagi tidak hanya akan mendapatkan pemasukkan dari AdSense. YouTube berencana menjadikan NFT sebagai sumber pendapatan baru bagi para kreatornya.

NFT alias Non Fungible Token sendiri makin diminati oleh perusahaan besar, seperti YouTube. YouTube mulai tertarik dengan NFT untuk dimasukkan ke dalam platformnya.

Dalam sebuah surat, CEO YouTube Susan Wojicki menyebut perusahaan sedang menjajaki cara agar kreatornya bisa mendapatkan keuntungan dari NFT. Ia juga menyebut Web3 sebagai transisi era baru internet.

"Kami selalu fokus memperluas ekosistem YouTube untuk membantu kreator memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang, termasuk seperti NFT, sambil terus memperkuat dan menyempurnakan pengalaman kreator mapun fans di YouTube," tulisnya seperti dikutip dari Engadget, Rabu (26/1/2022).

 

Cuan tambahan untuk kreator konten

Ilustrasi Youtube
Ilustrasi Youtube (Photo by Sara Kurfeß on Unsplash)

YouTube sendiri tidak secara jelas mengungkapkan apa saja rencananya untuk memungkinkan kreatornya bisa mendapatkan keuntungan NFT. Namun, NFT disebut memiliki peluang besar untuk menjadi sumber pendapatan baru.

Tidak hanya YouTube. langkah serupa juga akan diambil oleh Twitter. Di mana terdapat sebuah fitur baru yang memungkinkan produk NFT sebagai foto profil mereka.

 

Juga dilirik Twitter

Fitur ini tersedia di iOS berlangganan Twitter Blue. Pengguna juga dapat menghubungkan akun Twitter dengan dompet kripto. Bagi pengguna yang menggunakan foto profil NFT akan tampil dengan bentuk heksagon, sedangkan yang biasanya bulat.

Dikutip dari The Verge, saat profil gambar NFT di tap, akan muncul detail tentang informasi karya dan kepemilikannya.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela