Coba Fitur Baru yang Menarik, Ini Cara Cek Tarif Tol lewat Google Maps 2022

Fimela Reporter18 Mei 2022, 17:30 WIB
Diperbarui 18 Mei 2022, 17:30 WIB
Ilustrasi Google Maps

Fimela.com, Jakarta Google baru saja memperkenalkan fitur terbaru yang bisa memudahkan penggunanya, tidak hanya dalam mencari informasi rute atau navigasi, tapi juga menyertakan informasi tarif tol menuju lokasi tujuan. Kehadiran fitur ini disebut dapat membantu pengguna untuk memilih antara jalan tol dan jalan biasa.

"Kami meluncurkan tarif tol di Google Maps untuk pertama kalinya," tulis Google ketika memperkenalkan fitur ini.

Dikutip dari Liputan6.com, informasi tersebut dimunculkan pada saat memulai navigasi. Google memastikan pengguna tetap bisa memilih jalur non-tol ketika menuju suatu tempat. Untuk melakukannya, pengguna tinggal mengetuk tiga titik di bagian kanan atas, memilih opsi rute, dan mencentang pilihan Hindari Jalan Tol.

Bagaimana cara mengetahui tarif tol ke lokasi tujuan?

Sejarah Google Maps
Ilustrasi Google Maps Credit: pexels.com/Dany

Sebenarnya, cara untuk menampilkan tarif tol di Google Maps sama seperti ketika kita mencari rute ke lokasi tujuan.

  1. Ketik lokasi tujuan yang ingin dituju pada kolom penelusuran.
  2. Setelah hasilnya muncul, kamu tinggal menentukan rute mana yang ingin digunakan untuk menunjukkan arah.
  3. Pilihlah rute yang melewati tol, setelah itu informasi mengenai tarif tol akan ditampilkan bersama dengan informasi durasi dan jarak tempuh.
  4. Informasi tersebut ditandai dengan ikon 1, kamu tinggal mengklik untuk memunculkan informasi yang dibutuhkan. Setelah diklik, Google Maps akan menampilkan perkiraan tarif tol dari rute yang kamu pilih.

Fitur ini sudah tersedia di Indonesia dan dapat langsung kamu coba. Selain fitur baru ini, Google juga menghadirkan informasi peta yang lebih rinci, sehingga pengguna dapat menavigasi jalan baru dengan lebih mudah.

 

Cara berbagi lokasi Google Maps di iPhone atau iPad

Ilustrasi iPhone
Ilustrasi iPhone (sumber : wired.com)

Jika kamu ingin berbagi dengan seseorang yang memiliki akun Google, tambahkan alamat Gmail mereka ke 'Google Kontak' kamu. Kemudian buka Google Maps di perangkat kamu, ketuk gambar profil, lalu pilih 'Berbagi Lokasi'.

Selanjutnya pilih 'Tambah Orang', putuskan berapa lama kamu ingin berbagi lokasi, lalu ketuk satu atau beberapa kontak. Kamu perlu memberikan izin untuk berbagi kontak dengan Google Maps pada tahap ini. Lalu ketuk 'Bagikan'. Jika orang tersebut tidak memiliki akun Google, kamu dapat membagikan tautan lokasi dari bagian 'Tambahkan Orang' dari proses di atas.

Kamu dapat mengirim tautan tersebut melalui iMessage atau aplikasi pesan singkat lainnya.

 

*Penulis: Saffa Sabila.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela