Review: Mencoba Menyapu hingga Mengepel Lantai Rumah dengan Bantuan Robot Vacuum-Mop 2 Lite dari Xiaomi

Anisha Saktian Putri22 Jun 2022, 10:30 WIB
Diperbarui 23 Jun 2022, 18:48 WIB
Robot Vacuum-Mop 2 Lite dari Xiaomi

Fimela.com, Jakarta Menyapu dan mengepel lantai memang pekerjaan yang cukup melelehkan karena dilakukan setiap hari bahkan setiap jam. Sebab bukan hanya debu-debu saja, helaian rambut yang jatuh pun begitu mengganggu bila tidak langsung dibersihkan.

Maka tak heran menyapu dan mengepel tak ada habisnya. Namun kini berkat kemajuan teknologi, pekerjaan rumah tersebut semakin dimudahkan dengan memanfaatkan robot vacuum cleaner.

Tim Fimela pun berkesempatan mencoba Robot Vacuum-Mop 2 Lite dari Xiaomi yang baru dirilis di Indonesia pada Rabu (25/5/2022). Lalu apa kelebihan robot vacuum cleaner ini dengan yang lain? Mari kita ulas.

Unpacking dan fungsi

Robot Vacuum-Mop 2 Lite dari Xiaomi
Robot Vacuum-Mop 2 Lite dari Xiaomi

Tak hanya menyapu saja, Robot Vacumm-Mop 2 Lite ini juga memiliki triple combo. Bisa untuk menyampu, mengepel, bahkan bisa menyapi dan mengepel dalam waktu bersamaan. 

Dengan harga kurang lebih Rp2,5 jutaan, robot vacuum ini dilengkapi sikat samping, tangki debu dan air, serta alas pel. Tak hanya unitnya saja, dalam satu kardus sahabat Fimela akan mendapatkan dock pengisi daya, sikat samping dan kain pel cadangan. 

Sikat pembersih kecil untuk membantu menghilangkan debu dan bulu yang tersangkut pada sikat serat padat yang dapat dilepas dan dipasang di dalam robot. Begitu pun dengan alas pel yang bisa dibongkar pasang untuk mengepel lantai. 

Desain

Robot Vacuum ini memiliki desain bundar warna putih yang matte dengan detail warna hitam di bagian depan tepat pada sensor. Unit pun cukup besar, dengan tombol on off dan home. 

Meski besar, desain body cukup slim dengan tinggi hanya 8.2cm yang membuat Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite bisa dengan mudah menjangkau dan membersihkan berbagai area yang sempit, misalnya saja di bawah sofa, lemari, ataupun bawah kasur.

Kelebihan

Robot Vacuum-Mop 2 Lite dari Xiaomi
Robot Vacuum-Mop 2 Lite dari Xiaomi

Memiliki daya hisap yang kuat hingga 2200 Pa yang mampu mengangkat setiap kotoran yang ada. Disamping itu, dengan ruang struktural yang lebih baik, membuat Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite ini memiliki tingkat kebisingan yang rendah dan konstan.

Robot pembersih ini memiliki kompartemen penampungan debu dan air yang besar, dengan penampungan debu berkapasitas 450 ml dan tangki air 270 ml. Navigasi Inersia dengan dukungan sensor visual.

Dengan sensor visual yang cerdas, hingga mampu mengenali setiap garis pembatas untuk secara otomatis menyesuaikan arah dan membuat proses pembersihan menjadi lebih efisien dan optimal. 

Perbedaan elevasi lantai juga bukan masalah, karena perangkat ini memiliki kemampuan memanjat hingga ketinggian 20mm.

Dapat dikendalikan melalui aplikasi

Menggunakan robot vacuum Mop 2 Lite ini semakin praktis dan mudah karena bisa dihubungkan dengan Mi Home/Xiaomi Home App Control.

Jadi, melalui aplikasi tersebut, sahabat Fimela dapat memerintahkan vacuum untuk menyampu, mengepel, atau keduanya hanya dalam satu klik saja. Bahkan bisa memudahkan mengembalikan vacuum ketempatnya untuk disimpan sekaligus me-chargernya.

Dalam aplikasi tersebut juga bisa diketahui daya baterai, area, durasi, level kecepatan, dan level air. Hingga bisa memerlihatkan denah tempat vacuum bekerja.

Tidak hanya itu, perangkat ini juga dapat diakses dengan perintah suara melalui Google Assistant dan Alexa.

Mencoba robot vacuum Mop 2 Lite

Mencoba robot vacuum Mop 2 Lite
Mencoba robot vacuum Mop 2 Lite

Sebelum menggunakannya, disarankan lebih baik isi daya batrei hingga 100 persen agar pembersihan pun maksimal dapat menjangkau seisi rumah. Sebab, butuh berkali-kali vacuum untuk membersihkan satu area. Dengan baterai penuh, robot mampu membersihkan lahan seluas 850 kaki persegi dengan sekitar 70% tersisa. 

Setelah selesai membersihkan tempat itu, kita dapat membuat vacuum kembali ke rumah ke dock pengisi daya lewat aplikasi. Jika, vacuum kehabisan batrei atau air akan diberitahu lewat suara robot. 

Robot memiliki bumper tabrakan di bagian depan, jadi tak perlu khawatir untuk vacuum menabrak dinding dengan keras atau menabrak perabotan lainnya. Namun, baiknya saat menggunakannya singkirkan kabel yang ada di lantai atau keset sebab terkadang vacuum akan menyedotnya dan membuatnya berhenti.Suara vacuum pun cukup smooth tidak bising, jadi tidak akan mengganggu. 

Untuk tingkat kebersihan, saat menggunakan menyapu cukup bersih untuk mengangkat debu dan helaian rambut. Namun harus vacuum berulang membersihkan satu lokasi tersebut.

Bergitu pun dengan mengepel, dalam tempat penyimpanan air bisa ditambahkan pembersih lantai agar ruangan lebih harum. Namun, pel-an tersebut hanya meluncurkan membasahi saja, jika ada kotoran yang sulit belum bisa dibersihkan secara maksimal. Sahabat Fimela tetap harus mengepel secara manual setidaknya seminggu dua kali. 

Namun, overall vacum ini sangat membantu dan bisa diandalkan untuk membersihkan bagian bawah lemari, sofa, dan kasur debu pun akan terangkat terlihat dari penampung sampah yang penuh dengan debu dan tanpa harus diawasi.

Setelah membersihkan seluruh ruangan, vacuum bisa dikembalikan pada tempatnya melalui aplikasi. Dan jangan lupa untuk membuang debu di tempat penampungan serta untuk lap pel bisa dibersihkan dengan sabun lalu keringkan

#women for women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela