3 Tips Sederhana Pakai Lampu Tanpa Boros Listrik

Anisha Saktian Putri27 Jun 2022, 16:15 WIB
Diperbarui 27 Jun 2022, 16:18 WIB
Lampu

Fimela.com, Jakarta Tagihan listrik yang jebol seringkali meresahkan. Apalagi, tanpa disadari ada perilaku yang menyebabkan pemborosan listrik paling besar, seperti penggunaan lampu

Meski sepele penggunaan lampu menyumbang pemborosan besar di sebuah rumah tangga. Nah supaya tidak terjadi lagi, berikut tips pemakaian lampu tanpa boros listrik lho. 

1. Jangan lupa untuk mematikan lampu

Hal paling mudah ialah jangan lupa untuk mematikan lampu saat meninggalkan ruangan tentu saja dapat menghemat energi. Misalnya di kamar tidur atau bahkan dapur yang kerap kita lupa untuk mematikan setelah tidak menggunakan ruangan tersebut.

Dengan tidak lupa memantikan lampu, kita tidak hanya menghemat listrik, melainkan mengurangi emisi karbon, dan gas rumah kaca.

2. Ganti dengan smart lamp

Lampu Hias
Credit: Shutterstock.

Saat ini teknologi semakin canggih, tidak hanya smartphone saja, kini lampu pun memiliki varian smart lamp. Smart lamp atau lampu pintar menjadi salah satu solusi untuk hemat listrik. Dengan lampu pintar, bisa mengatur dari jarak jauh melalui smartphone. Rekomendasi smart lamp ini diantaranya Acome Smart Bulb AL01 12W yaitu lampu pintar yang memiliki 16 juta warna RGB, dapat diatur temperatur warna dari 2700K-6500K melalui aplikasi Acome di Google Play Store atau App Store.

Lampu ini juga dilengkapi dengan 8 mode lampu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, bisa mengikuti irama musik; dan cocok buat kamu yang butuh suasana berbeda di dalam ruangan. 

“Acome IoT bekerjasama dengan Tuya Smart, pengembang teknologi artificial intelligence of things (IoT) terbaik di dunia. Fokus kami menghadirkan produk – produk smartlife  yang mampu berinteraksi dengan kecerdasan buatan melalui suara (AI Voice) untuk menjawab semua kebutuhan konsumen. Jadi, produk Acome IoT ini tidak main-main,” ujar Yeremia Sunardi, CCTV & IoT Sales Expert. 

3. Sesuaikan dengan kebutuhan

Salah satu cara untuk menghemat pemakaian listrik adalah penggunaan lampu yang disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya untuk ruangan besar tentu dibutuhkan penerangan yang merata dan sesuai dengan suasananya. Rekomendasinya adalah Acome Smart Multicolour ALP03 yakni lampu portable sekaligus sebagai dekorasi ruangan.

Cukup taruh di atas meja atau buffet, koneksikan dengan aplikasi Acome, dan sesuaikan dengan kebutuhan kapan harus nyala atau mati. Lampu ini didukung dengan 16 juta warna RGB, yang membuat suasana ruangan menjadi lebih hangat, estetik, dan romantis. Selain itu, ada juga Acome Smart Multicolour ALP03.

Pengoperasian lampu seri ini juga unik, cukup sentuh bagian atasnya untuk menyalakan, mematikan atau mengatur warnanya. Lampu ini juga tetap bisa diatur melalui aplikasi.

#women for women

Lanjutkan Membaca ↓