Sukses

Info

Meninggal pada Usia 96 Tahun, Lonceng di Westminster Abbey Berdentang Sesuai Usia Ratu Elizabeth II

Fimela.com, Jakarta Lonceng Tenor Abbey yang berada di Westminster Abbey berdentang sebanyak 96 kali sesuai dengan usia Ratu Elizabeth II saat meninggal dunia. Dilansir dari Liputan6.com yang mengutip dari ABC News, lonceng Tenor Abbey sudah mulai berbunyi sejak tanggal 19 September 2022 pada pukul 09.24 pagi waktu London dan akan dibunyikan satu menit sekali sampai upacara pemakaman Ratu Elizabeth II dimulai pada pukul 11.00 pagi.

Ratusan pelayat telah meramaikan Katedral Gotik untuk melakukan kebaktian dan bergabung dengan para bangsawan, kepala negara, serta pemimpin politik dari seluruh dunia. Di dalam Westnister Abbey juga dipenuhi oleh orang-orang berseragam dengan wajah terkenal serta sekelompok pejabat yang diantar ke bangku di bawah patung atau tugu peringatan.

Terdapat juga beberapa anggota masyarakat yang diundang untuk mengikuti prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II seperti perawat lama, Nancy O'Neill yang diakui atas usahanya dalam memerangi COVID-19, dan Pranav Bhanot, yang membantu memberikan 1.200 makanan gratis selama masa pandemi.

Pemakaman Ratu Elizabeth II akan dilakukan dengan melewati jalan-jalan kota. Peti mati Ratu Elizabeth II juga akan dibawa dengan kereta meriam negara saat menuju Kastil Windsor untuk dimakamkan. Pihak berwenang London mengatakan bahwa area tontonan publik sudah penuh sejak tiga jam sebeleum prosesi pemakaman berlangsung.

Prosesi pemakaman bersejarah ini juga akan disiarkan secara global sehingga jutaan orang diperkirakan akan melihat liputan upacara di Westminster Abbey, tempat Ratu Elizabeth II menikah dengan Pangeran Philip dan juga tempat penobatannya. Upacara pemakaman ini menjadi yang pertama kalinya bagi pemimpin kerajaan Inggris untuk diadakan di Westminster Abbey sejak abad ke-18. Hal ini juga menjadi pertama kalinya kamera akan diizinkan dalam upacara pemakaman seorang pemimpin kerajaan Inggris.

Urutan Prosesi Pemakaman dari Pagi hingga Siang Hari

Melansir dari Liputan6.com, berikut merupakan urutan prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II dari pagi hingga siang hari:

06.30 pagi (12.30 WIB): Pintu Westminster Hall di House of Parliament, tempat Ratu Elizabeth II disemayamkan, ditutup untuk publik.

10.44 (16.44 WIB): Prosesi pemakaman kerajaan dimulai dengan berangkat dari Istana Westminster menuju Westminster Abbey. Peti mati Ratu Elizabeth II akan dibawa oleh kereta meriam negara dan diiringi oleh musisi seperti band marinir kerajaan, serta jalurnya akan dipagari oleh anggota angkatan laut kerajaan dan marinir kerajaan. Anggota keluarga kerajaan termasuk Raja Charles III dan Pangeran William akan mengikuti di belakang kereta.

10.52 (16.52 WIB): Peti mati Ratu Elizabeth II tiba di gerbang Westminster Abbey dan dibawa ke dalam.

11.00 (17.00 WIB): Upacara pemakaman dimulai dengan dipimpin oleh Dean of Westminster, David Hoyle. Upacara akan mencakup pembacaan doa oleh para pemimpin politik dan agama termasuk Perdana Menteri Inggris yang baru, yakni Liz Truss.

11.55 (17.55 WIB): Terdapat dua menit keheningan di dalam Biara dan juga di seluruh Inggris.

7.00 ET siang: Proses pemakaman kerajaan berakhir dengan reveille, lagu kebangsaan Inggris "God Save the King" dan permainan pipe. Setelah itu, peti mati Ratu Elizabeth II akan melanjutkan prosesi lain melalui jalan-jalan di London selama Big Ben berdenting terus-menerus.

 

 

Urutan Prosesi Pemakaman dari Siang Hari sampai ke Liang Lahat

13.00 (19.00 WIB): Peti mati Ratu Elizabeth II tiba di Wellington Arch di London, lalu dimuat ke dalam mobil jenazah. Dari sini, keluarga kerajaan berangkat ke Kastil Windsor yang berjarak sekitar 20 mil sebelah barat Istana Buckingham.

15.05 (21.06 WIB): Mobil jenazah yang membawa peti mati Ratu Elizabeth II tiba di Windsor, tempat dimana Ia akan bergabung dengan prosesi menuju Albert Road. Raja Charles III dan keluarga kerajaan lainnya akan berjalan kaki menuju Kapel St. George sekitar 30 menit kemudian.

16.00 (22.00 WIB): The Commital Service yang dipimpin oleh Dean of Windsor dimulai di Kapel St. George dan diakhiri dengan berkat dari Uskup Agung Canterbury.

19.30 (01.30 WIB, 20 September): Ratu Elizabeth II dimakamkan dalam upacara pribadi di King George VI Memorial Chapel di Kastil Windsor. Ia akan dimakamkan bersama mendiang suaminya yaitu Pangeran Philip.

 

Anggota Keluarga Kerajaan yang Terlibat dalam Prosesi Pemakaman

Anggota keluarga kerajaan serta keluarga Raja Charless III dijadwalkan memiliki peran sepanjang proses pemakaman Ratu Elizabeth II, meskipun tidak semua detail keterlibatan akan dipublikasikan. Dalam beberapa detail tertentu, Istana telah merinci momen-momen dimana Raja Charles II, Pangeran William, Putri Catherine, Pangeran Harry, dan Meghan Markle akan ambil bagian dalam prosesi pemakaman tersebut.

Para penonton diperkirakan dapat melihat anggota keluarga kerajaan termasuk Raja Charles II dan Pangeran William dalam perannya sebagai pewaris tahta dan Duke of Wales saat mengikuti peti mati yang akan berangkat dari Westminster Hall.

Setelah pemakaman di Westminster Abbey, rombongan keluarga kerajaan yang meliputi Raja Charles III, Permaisuri Camilla, Pangeran William, Kate, Harry, Meghan, Putri Sophie dan anggota keluarga lainnya akan mengikuti peti mati Ratu Elizabeth II dengan berjalan kaki ke Wellington Arch. Kelompok keluarga kerajaan ini kemudian akan bergabung dalam prosesi resmi dengan menggunakan mobil ke Windsor.

 

 

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading