Sukses

Lifestyle

Langkah Menikah di Solo & (Mungkin) Bakal Dilalui Menantu Jokowi

Fimela.com, Jakarta Sebagai orang Jawa, khususnya Solo, menikahkan anak tidak sembarangan. Ada tata tertib yang harus dijalani dan caranya pun kudu dipatuhi. Nah, begitu pula dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi. Pemimpin negeri ini kabarnya mau menggelar pesta pernikahan putra pertamanya, Gibran Rakabuming Raka dengan seorang gadis cantik bernama Selvi Ananda Putri.

Meski belum ada tanda-tanda khusus seputar pernikahan Gibran dan Selvi namun bisa dipastikan perkawinan mereka memakai adat Solo yang kental budaya Jawanya. Sebagai calon menantu presiden, tentu Selvi tak harus mengikuti serangkaian prosesi mulai dari lamaran, siraman, dan sebagainya.

Wih, kayaknya seru nih. Well sebelum pernikahan itu digelar, nih Bintang.com bocorin beberapa tahapan pernikahan ala Solo yang bisa jadi kudu dilalui oleh 'Mbak Ayu' Selvi.  Siap? Cus!

Lamaran

Ilustrasi Lamaran. Foto: lintas.me

Lamaran ini bukan cuma tuker cincin tapi juga membahas seputar acara pernikahan serta dekorasi apa yang mau dipakai. Tak hanya itu, biasanya acara lamaran juga menentukan tata rias pengantin dan busana pagar ayu serta pagar bagusnya. Fiuh, detil banget ya.

Pemaes

Tien Santoso, pemaes maestro Indonesia. Foto: tiensantoso.com

Demi mewujudkan pernikahan tak terlupakan dan berjalan dengan baik, keluarga calon mempelai wanita biasanya memakai jasa pemaes. Pemaes itu tidak hanya merias pengantin tapi juga mewakili keluarga mempelai perempuan.

Rosulan

Ilustrasi Rasulan.  Foto: purnamadwi.blogspot.com

Acara ini digelar untuk menghormati arwah leluhur dan orang-orang yang sudah lebih dahulu tiada sekaligus memohon kelancaran pernikahan.

Pemasangan Tenda

Ilustrasi Dekorasi Tenda. Foto: jasa-dekorasi.blogspot.com

Setelah menghadapi ritual Rosulan, keluarga mempelai perempuan mendirikan tenda yang maknanya agar rumah semakin lebar dan luar untuk menampung tamu.

Pemasangan Bleketepe

Ilustrasi Memasang Bleketepe. Foto: noviarimuko.com

Bleketepe bermakna sang tuan rumah akan mengadakan hajatan dan diharapkan para tamu menghadirinya.

Siraman

Ilustrasi Siraman. Foto: flickr.com

Siraman dimaksudkan agar pengantin perempuan  bersih dan suci dalam mengarungi rumah tangga baru. Air untuk menyiramnya diambil dari tujuh sumur.

Sungkeman

Ilustrasi Siraman. Foto: dewolia.blogspot.com

Sebelum mengadakan prosesi siraman, calon pengantin meminta maaf dan sungkem pada bapak-ibunya serta sesepuh lain dengan jumlah ganjil.

Pesingan atau Popokan

Ilustrasi Pesingan/Popokan. Foto: ipkwulan.wordpress.com

Acara dilanjutkan dengan memberikan pesingan yang biasanya berwujud kain.

Setelah siraman

Ilustrasi Didampingi Orang Tua Setelah Siraman. Foto: thephotograph.co.id

Setelah siraman calon mempelai wanita didampingi orang tuanya ke kamar sebagai akhir dari pengawalan mereka terhadap kehidupan sang anak yang nantinya akan diserahkan tanggung jawab terhadap lelaki pujaan si mempelai.

Potong Rambut

Ilustrasi gunting rambut. Foto: privetka.com

Saat membersihkan diri, orang tua juga memotong rambut putri mereka dan menanamnya. Ini dimaksudkan membuang hal jelek dari sang putri.

Kreweng

Ilustrasi Kreweng. Foto: flickr.com

Tahap selanjutnya yakni pembagian kreweng atau koin dari tanah liat sebagai alat pembayaran atas sajian dari tuan rumah.

Jual Dawet

Ilustrasi Dodol Dawet.Foto: tuannonamuda.blogspot.com

Koin kreweng tadi untuk beli ini nih, dawet, yang dijual oleh si tuan rumah. Maknanya, agar saat membuat hajatan, banyak orang datang menghadiri dan hal itu dianggap berkah yang tak ternilai.

Potong Tumpeng

Ilustrasi tumpeng nasi kuning. Foto: opiracatering.com

Selanjutnya bakal digelar acara potong tumpeng dan orang tua pengantin serta salah satu sesepuh bakal menyuapkan nasi tumpeng ke calon pengantin wanita. Masing-masing orang tua menyuapi sebanyak tiga kali.

Malam Midodareni

Ilustrasi Midodareni. Foto: whenwedding.com

Malam midodareni merupakan pertemuan dua keluarga di hari sebelum akad nikah digelar. Biasanya kedua mempelai meminta doa dari 11 ulama agar diberkati dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Selanjutnya diadakan sesi tanya-jawab antara keluarga mempelai wanita ke keluarga mempelai pria. Mungkin semacam interogasi terbuka, hehehe.

Sungkeman terakhir mempelai wanita

Ilustrasi sungkeman. Foto: griyapernikahan.wordpress.com

Malam midodareni menjadi sungkeman terakhir mempelai wanita pada orang tuanya. Saat pihak pria datang, calon pengantin perempuan disembunyikan di kamar dan saat itulah dia meminta maaf pada orang tua atas segala kesalahan dan memohon doa restu supaya pernikahannya lancar serta langgeng. Uh, so sweet.

Nah, itu dia beberapa tahapan yang harus dilalui Selvi Ananda Putri, calon menantu Presiden RI Joko Widodo kalau memang pernikahannya dengan Gibran Rakabuming Raka digelar dengan menggunakan adat Kraton Solo. Meski terlihat rempong, yakinlah ada makna dan doa yang tersembunyi bagi kebahagiaan Selvi dan Gibran. Anyway, meski belum dipastikan kapan pernikahan itu terjadi, Bintang.com mengucapkan selamat pada kedua calon mempelai. Semoga langgeng, ya!

 

 

 

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading