Sukses

Lifestyle

Nyok, Kite Kulik Fakta Seniman Betawi Benyamin S

Fimela.com, Jakarta Semua orang Indonesia pasti mengenal seniman Betawi satu ini. Iyes, dia Benyamin Suaeb atau disingkat Benyamin S. Seniman yang akrab disapa Bang Ben ini ternyata punya serauk fakta unik seputar dirinya yang gak banyak diketahui orang, lho.

Seriusan nih? Ho oh. Nih simak fakta-fakta unik Bang Ben berikut ini. Nyok nyok nyok!

Menikah Due Kali

Benyamin S

Benyamin Sueb alias Benyamin S ternyata pernah menikah dua kali. Istri yang pertama bernama Hajjah Noni dan istri kedua bernama Alfiah. Kedua istri Bang Ben kagak pernah dipublikasiin secara zamannya Bang Ben nikah belom banyak infotainment kayak sekarang kali, ye. E tapi gambar istrinya bukan nyang ini, lho. Ini mah lawan duetnya Bang Ben, artis Ida Royani.

Profesinye Benyamin S

Kesuksesannya dalam dunia musik diawali dengan bergabungnya Benyamin dengan satu grup Naga Mustika.

Bang Ben pernah jadi kernet bus PPD, lho. Selain itu dia juga pernah punya karir militer sebagai bagian amunisi peralatan Angkatan Darat pada 1960 dan bagian musik di Kodam V Jaya pada 1968.

Cita-citanye

Benyamin Sueb. Foto: amib31.blogspot.com

Dulu cita-cita Bang Ben pengen jadi pilot. Tapi gak boleh sama emaknya yang bernama Aisyah. Alesannya sederhana. "Ntar lu jatoh," begitu kata emak Aisyah. Eh, bujug.

Film-Filmnye Benyamin S

Benyamin Sueb. Foto: cantik.co

Total Bang Ben udah bermain 55 film layar lebar, lho! Karir aktingnya dimulai pada 1970 dan berakhir pada 1992. Kabayan Saba Metropolitan adalah film terakhirnya.

Nama Jalan

Sejumlah seniman Betawi yang telah mendahului Mpok Nori, di antaranya H. Bodong, H. Bokir, H. Tile, dan Benyamin Suaeb.

Nama Bang Ben diabadikan sebagai nama jalan. Kalo kamu melintas di wilayah Kemayoran, kamu bakal nemu jalan H. Benyamin Sueb.

Ondel-Ondel

Sejak ditinggal sang ayah, Benyamin kecil memang sudah membantu ibunya untuk mencari nafkah.

Ternyata boneka gede khas betawi yakni ondel-ondel diciptakan oleh Bang Ben, lho. Dulu orang-orang menyebut sebagai Barongan. Saat lagu Ondel-Ondel nge-hits baru deh semua orang nyebut boneka itu sebagai ondel-ondel.

Kakek Benyamin S

Kesuksesannya dalam dunia musik diawali dengan bergabungnya Benyamin dengan satu grup Naga Mustika.

Bang Ben punya kakek yang bernama Haji Rofiun. Panggilan akrabnya, Haji Un dan lama-lama disebut Ji Ung atau Jiung. Engkongnya Bang Ben ini juga orang terpandang terutama di kawasan Kemayoran dan sekitarnya. Dia tokoh masyarakat yang disegani di zamannya. Kong Jiung meninggal pada 1954 di usia 125 tahun.

Peran Antagonis

Sejak ditinggal sang ayah, Benyamin kecil memang sudah membantu ibunya untuk mencari nafkah.

Biar mukanya bikin ngakak, ternyata Bang Ben pernah berperan sebagai tokoh antagonis, lho. Di film Angkara Murka produksi 1972, Bang Ben berperan sebagai Mat Kicer. Seorang gembong perampok yang punya anak buah dan suka bikin resah warga.

Piala Citra

Benyamin Sueb. Foto: twitter.com

Bang Ben seumur hidupnya sudah meraih dua piala citra Festival Film Indonesia (FFI) yakni FF1 1973 dalam film Intan Berduri dan FFI 1977 dalam film Si Doel Anak Modern.

Enah, gimane? Duh jadi kangen ye sama seniman satu ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading