Sukses

Lifestyle

Kenali Lebih Jauh Makna Perayaan Waisak

Fimela.com, Jakarta Waisak atau Visaka Puja, sebagaimana umat Budha menyebutkannya, bukan hanya sekadar perayaan. Waisak ternyata perwakilan dari peristiwa-peristiwa penting. Apa aja peristiwa tersebut? Nih, Bintang.com kasih ulasannya buat kamu.

1. Kelahiran Siddhartha Gautama

Siddhartha Gautama menjadi makna perayaan Waisak | via: shidartagautama.blogspot.com

Guru spiritual dari wilayah timur laut India yang juga merupakan pendiri Agama Budha. Siddhartha Gautama merupakan figur utama dalam agama Budha. Keterangan mengenai kehidupan, khotbah-khotbah, dan peraturan keagamaan yang dipercayai oleh penganut agama Buddha dirangkum setelah kematiannya dan dihafalkan oleh para pengikutnya.

2. Siddhartha Gautama Mencapai Pencerahan Sempurna

Siddhartha Gautama menjadi makna perayaan Waisak | via: abyavicenna.blogspot.com

Umat Budha percaya, saat mencapai Pencerahan Sempurna, dari tubuh Siddhartha memancar enam sinar Buddha (Buddharasmi) dengan warna biru yang berarti bhakti, kuning mengandung arti kebijaksanaan dan pengetahuan, merah yang berarti kasih sayang dan belas kasih, putih mengandung arti suci, jingga berarti giat, dan campuran kelima sinar tersebut.

3. Wafatnya Budha Gautama Parinibbana

Siddhartha Gautama menjadi makna perayaan Waisak | via: flickr.com

Bukan hanya kelahiran, tapi perayaan Waisak juga bermakna kematian dari Budha Gautama Parinibbana di Kusinara saat beliau berusia 80 tahun.

 

Sekarang kamu jadi lebih tau makna Waisak, bukan? Ternyata bukan hanya sekadar perayaan rutin yang diadakan setiap tahun.

 

Baca juga: Potret Serunya Perayaan Waisak di Candi Borobudur

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading