Sukses

Lifestyle

Molise, Pesona Italia yang Hampir Tak Tersentuh Dunia

Fimela.com, Jakarta Tuscany, Sisilia, Roma, dan Venesia mungkin kamu sudah pernah kamu dengar, tapi Molise? Jadi batas Italia di bagian selatan, wilayah ini hampir tak 'tersentuh' bahkan oleh Italia. Juga disebut sebagai "wild west", wilayah ini tak hanya jadi rumah bagi manusia, namun juga serigala, babi jantan, dan jajaran 'kota-kota hantu'.

Seepinum, salah satu kota di Molise yang jadi peninggalan bangsa Romawi. | via: edition.cnn.com

Terdapat pantai-pantai eksotis yang sukses disembunyikan oleh alam, kerut puncak-puncak gunung, benteng-benteng megah, serta beberapa bangunan peninggalan bangsa Romawi yang siap untuk bersaing dengan Pompeii (tapi tanpa kerumunan). Biasa jadi tempat persinggahan di antara musim panas dan dingin yang melanda Italia, udara segar khas pegunungan siap menyambutmu di sini.

Termoli, wilayah di Molise yang punya kastil-kastil megah. | via: edition.cnn.com

Memasuki wilayah Molise lebih dalam, kamu akan temukan beberapa desa abad pertengahan, dikukung kastil-kastil dengan atmosfer memesona, yang berlokasi di puncak bukit-bukit dengan pemandangan fantastis. Kamu bisa temukan ragam lukisan binatang, serta gargoyle di beberapa tempat yang menambah kesan epik tempat-tempat yang ada di Molise.

Rocchetta al Vortuno, salah satu 'kota hantu' di Molise. | via: edition.cnn.com

Hendak mencoba nuansa sedikit mencekam? Kamu bisa langsung bertandang ke 'kota-kota hantu' diantaranya Ciccagne, Mucciarone, Pincere dan Civita di Bojano. Tersesat di jalan-jalan tak beraspal, labirin dari tanaman-tanamanan liar yang tumbuh di sekitar kota, serta bangunan-bangunan gereja yang beberapa ditinggalkan oleh warga lokal.

Little Albania, tempat dimana warganya tak hanya berbicara bahasa Italia di Molise. | via: edition.cnn.com

Uniknya, kalau kamu berhenti untuk makan atau menanyakan arah para penduduk lokal. Tak semuanya berbicara dengan bahasa Italia. Kalau kamu datang ke Little Albania, maka dialek yang terdengar -sebagaimana penduduk lokal menyebutnya- Arberesh. Memang sejak abad ke-13, wilayah ini tak hanya didiami oleh bangsa Italia. Kareanya, kamu jangan kaget kalau mendengar penduduk lokal berbicara.

Brodetto, salah satu makanan lokal yang wajib dicoba di Molise. | via: edition.cnn.com

Tak hanya itu, godaan mencicip makanan lokal pun tak terhindarkan. Jajaran kulinernya meliputi pampanella, daging babi yang dimasak dengan sambal, bawang putih, dan cuka, potongan domba yang disajikan bersama kentang dan tomat, ragam olahan keju, juga tocinelli. Menikmati cita rasa khas Molise di tengah landscape tempat yang begitu tenang memang membuat rasanya jadi jauh lebih nikmat.

 

Baca Juga: Menyesatkan Diri di Matera, Kota Tua yang Dilupakan Italia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading