4 Hal yang Harus Kamu Hindari Sebelum Tidur Demi Kesehatan

Karla Farhana06 Okt 2015, 22:10 WIB
4 Hal yang Harus Kamu Hindari Sebelum Tidur Demi Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Tidur adalah hal yang paling penting. Karena pada saat tidur, sel-sel mati akan tergantikan dengan sel yang baru. Makanya, tidur yang nyenyak sangat terkait dengan kesehatan organ tubuhmu yang lain. Banyak orang berusaha untuk mendapatkan rasa kantuk dan tidur yang berkualitas. Mereka bahkan bisa melakukan apa pun untuk bisa tidur. 

Mulai dari membaca buku, mendengarkan musik, hingga menonton TV atau film untuk memancing kantuk. Tapi, pernahkah kamu berpikir kalau caramu untuk mengundang kantuk justru enggak bagus untuk kesehatan? Selain mengkonsumsi pil tidur, ini dia empat hal yang enggak boleh kamu lakukan menjelang tidur. 

Menggunakan ponsel pintarmu atau tablet e-reader. Ternyata, menggunaka ponsel pintar dan e-reader enggak baik untuk kesehatanmu. Sejumlah penelitian bahkan mengatakan alat elektronik bisa mengganggu tidurmu. Penulis Sleep Soundly Every Night, Feel Fantastic Every Day, Robert Rosenberg, sebaiknya hindari elektronik yang mengeluarkan cahaya satu jam sebelum kamu tidur.

Membalas pesan. Mungkin kamu berpikir membalas pesan enggak akan mengganggu waktu tidurmu. Karena membalas pesan rasanya hanya pekerjaan kecil yang enggak menguras energi. Tapi ternyata membalas pesan juga menguras waktu dan energi, lho. Seharusnya kamu sudah tidur, tapi karena kamu masih terus-terusan membalas pesan waktu tidurmu jadi terambil dan berkurang. 

Minum kopi. Percaya enggak percaya, banyak orang yang mengkonsumsi kopi sebelum tidur. Mungkin mereka enggak menjadi terjaga semalaman karena minum kopi. Tapi ternyata kafein yang terkandung di dalamnya tetap akan mengganggu kualitas tidurmu.

Minum teh. Mungkin kamu berpikir teh enggak seperti kopi yang bakal bikin kamu terjaga semalaman. Tapi, jangan salah. Teh juga ternyata enggak bagus kalau dikonsumsi menjelang tidur. Kenapa? Karena  teh juga ternyata mengandung kafein yang jumlahnya hampir sama dengan kopi. Biasanya teh berjenis teh hitam, hijau, dan white tea mengandung kafein yang enggak baik untuk kualitas tidurmu. 

Nah, itu dia empat hal yang enggak boleh kamu lakukan menjelang tidur. Sebaiknya, jangan menyepelekan waktu dan kualitas tidurmu. Karena pergantian dan pemulihan organ tubuhmu terjadi pada saat kamu tidur. Bahkan, pertumbuhan tulang juga terjadi pada saat kamu tidur. Bayangkan, kalau tidurmu enggak berkualitas, pertumbuhan tulang, otot, dan bahkan pergantian sel darah enggak akan sempurna. Makanya, perhatikan hal-hal yang harus kamu hindari sebelum tidur demi kesehatan. 

Baca juga: Cukup dengan Rp30 Ribu Kamu Bisa Buat Dia Gak Tidur Semalaman