Sukses

Lifestyle

Kehilangan Daya Dengar, Beethoven Tetap Jadi Komposer Ternama

Fimela.com, Jakarta Seabad berlalu, namun masih saja ada kepingan misteri yang ditinggalkan sosok Ludwig van Beethoven, termasuk ulang tahun. Kabarnya, komposer abad ke-18 ini lahir pada 16 Desember 245 tahun lalu, namun dibaptis pada 17 Desember. Karenanya, Google Doodle kemarin, Kamis (17/12), didesain khusus untuk Beethoven.

Di antara misteri kehidupan Beethoven, namun ada satu fakta umum yang sudah banyak diketahui, yakni di akhir hidup, komposer asal Jerman ini sudah tak bisa mendengar karya musiknya sendiri. Meski tragis, namun kenyataan ini banyak menarik perhatian para penggemar Beethoven.

Ludwig van Beethoven. | via: allposters.com

Bagaimana tidak? Musik sebagai hasil karya Beethoven tentu memerlukan daya dengar yang harusnya lebih baik dari orang kebanyakan. Dilaporkan Time, meski Beethoven kehilangan pendengaran secara total di usia 45 tahun, ia tetap memunculkan karya-karya lain, termasuk Ninth Symphony yang melegenda.

Sudah dilanda gangguan pendengaran sejak usia 26 tahun, laki-laki yang akhirnya menutup usia pada 26 Maret 1827 ini menggunakan catatan untuk melakukan percakapan dengan kolega, teman, dan keluarga. Seakan mengacuhkan semua keterbatasan dalam pendengaran, hingga akhir hayat, Beethoven tetap memberi kontribusi di dunia musik.

Ludwig van Beethoven. | via: classicalmusic.about.com

Seperti dilansir Time, tiga tahun sebelum Beethoven meninggal, Ninth Symphony yang disebut-sebut sebagi pilar perabadan dunia barat ditampilkan untuk kali pertama di Wina, Austraia. Kala itu, Beethoven mememang tak bisa mendengar riuh tepuk tangan, namun tetap bisa melihat wajah bahagia bercampur haru dari para penonton.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading