Sukses

Lifestyle

Sering Gigit Rambut, Gadis Ini Terkena Sindrom Rapunzel

Fimela.com, Jakarta Menggigiti kuku atau kulit sendiri memang merupakan kebiasaan yang jorok. Tapi, sepertinya tak akan membuat kesehatanmu terganggu dan harus dibawa ke rumah sakit. Tapi, jangan pernah sekali-kali kamu menggigiti rambutmu dan menelannya. Karena, seorang gadis berusia 11 tahun di Kazakhstan ini harus dioperasi hanya karena suka menggigit rambutnya sendiri. 

Daily Mail menulis, gadis yang tak disebutkan namanya ini tak bisa menelan dan mengunyah makanan. Bahkan, dia tak juga bisa menelan air. Setelah mengeluhkan perutnya yang sakit, orangtuanya lantas membawa gadis ini ke rumah sakit di Taraz, daerah Jambyl, Kazakhstan. 

Dokter lantas memeriksa apa yang terjadi sehingga gadis ini tak bisa menelan apa pun dan juga mengeluhkan perutnya yang sakit. Ahli bedah di rumah sakit tersebut kemudian memutuskan untuk melakukan operasi untuk melihat apa yang menyebabkan gadis ini tak bisa makan dan minum. 

Alangkah terkejutnya para dokter dan suster ketika menemukan segumpal rambut di dalam perut gadis ini. Daily Mail menulis, gumpalan rambut tersebut sangat besar. Bahkan, beratnya mencapai lebih dari sekilo! Dilansir dari media yang sama, gumpalan rambut tersebut memenuhi seluruh perut gadis ini. Panjangnya mencapai 17 cm. Tak hanya itu, gumpalan rambut itu juga memiliki 'ekor' yang memanjang hingga usus. Ukuran panjang 'ekor' rambut itu bahkan lebih mengejutkan lagi. Pasalnya, panjangnya mencapai 35 cm!

Kepada Daily Mail, orangtuanya mengakui sering kali memergoki putri mereka menggigiti rambutnya sendiri. Tapi, mereka tak pernah berpikir akan membahayakan nyawa dan mengganggu kesehatan anak mereka. Gadis yang akhirnya sudah bisa makan dan minum lagi setelah operasi, mengalami sindrom Rapunzel. Menurut dokter kepada media tersebut, sindrom ini merupakan sebuah kondisi di mana gumpalan rambut tersangkut di dalam perut seseorang, dengan 'ekor' yang memanjang hingga usus besar. 

Potongan rambut karena digigiti tertelan, baik sengaja atau tidak, dan lama-lama menumpuk di dalam perut. Selama tumpukan rambut tersebut membesar, bisa menimbulkan bisul, merobek dinding perut dan usus, serta menutup saluran pencernaan. Inlah yang membuat gadis tersebut tak bisa makan dan minum selama gumpalan rambut bersemayam di dalam perutnya. 

Sering Gigit Rambut, Gadis Ini Terkena Sindrom Rapunzel | via: dailymail.co.uk

Sering Gigit Rambut, Gadis Ini Terkena Sindrom Rapunzel | via: dailymail.co.uk

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading