Sukses

Lifestyle

Yang Unik di Bandung: Fenomena Alam Langka

Fimela.com, Jakarta Fenomena alam memang kerap kali terjadi terutama di Indonesia yang memiliki iklim subtropis. Fenomena alam ini terlihat sangat menarik, sampai-sampai dikatikan dengan sesuatu yang berbau mistis. Namun, terlepas dari hal tersebut sebenarnya ada penjelasan ilmiah yang bisa dibuktikan dengan logika mengenail fenomena-fenomena yang terjadi. Melalui artikel ini, kami tidak akan menjelaskan fenomena alam itu melalui kacamata IPTEK, akan tetapi akan mengulas berbagai macam fenomena alam unik yang terjadi di Indonesia khususnya di Bandung Jawa Barat.

1. Hujan Es. Pada pertengahan bulan April 2015 lalu kota Bandung diguyur hujan yang sangat deras dan disertai dengan petir. Karena cuaca ekstrem tersebut, terdapat sebuah fenomena alam yang unik yaitu hujan es. Hujan es tersebut cukup membuat warga Bandung terkejut, pasalnya butiran-butiran es yang turun dari langit terdengar sangat keras di atap-atap rumah warga. Namun, fenomena alam demikian masih dinilai wajar karena terjadinya perubahan suhu. Sebetulnya, tanda-tanda akan terjadi hujan es sudah bisa diprediksi pada satu hari sebelumnya, yakni biasanya suhu akan menjadi sangat panas, langit berubah gelap dan disertai angin yang sangat kencang. Jika sudah terjadi tanda-tanda demikian, penduduk sebaiknya berwaspada.

Hujan es | Via: pipit.wordpress.com

2. Fenomena Awan Pelangi. Fenomena alam ini terjadi pada bulan Juni 2013 lalu pada sore hari sekitar pukul 17.30. di mana pada saat itu muncul awan yang memiliki warna-warni pelangi di atas Bandung, tepatnya daerah Ciparay Kabupaten Bandung. Menurut salah seorang saksi mata, awannya terlihat pekat dan memiliki warna-warni pelangi yang melingkar di sekeliling awan tersebut. Berbeda dengan proses terbentuknya pelangi yang terjadi saat hujan rintik-rintik, pelangi yang terbentuk pada fenomena alam ini terjadi di atas awan. Peristiwa tersebut terjadi selama kurang lebih 30 menit. Mengenai penjelasan ilmiah fenomena alam seperti ini, belum ada keterangan resmi dari BMKG atau pihak terkait.

Fenomena awan pelangi | Via: bp.blogspot.com

3. Gerhana Merah Darah. Pada Bulan April 2015 lalu, masyarakat kota Bandung berbondong-bondong memadati alun-alun kota bandung. Pasalnya menurut laporan peneliti Lanoratorium Bosscha, pada tanggal 5 April 2015 akan terjadi gerhana yang bisa diamati melalui alun-alun kota Bandung. Yang unik adalah, gerhana bulan total ini memiliki warna merah yang menyerupai warna darah. Fenomena alam ini dinilai cukup aman untuk dilihat dengan mata telanjang karena tidak ada ultraviolet matahari yang melewati bagian atmosfer bumi. Gerhana bulan merah darah ini bisa disaksikan mulai jam 5 sore hingga malam hari, tergantung cuaca dan juga awan yang menghalangi pemandangan.

Gerhana merah darah | Via: facebook.com

Demikianlah beberapa fenomena alam unik yang terjadi di Bandung, jawa barat. Sebagai manusia yang beragama, hendaknya fenomena alam ini dijadikan bukti bahwa Tuhan Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tugas kita adalah mempelajari lebih lanjut fenomena-fenomena alam tersebut melalui sebuah Ilmu Pengetahuan. (M. Sufyan)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading